WHO menyebutkan bahwa melakukan isolasi mandiri ini bisa berdampak pada kesehatan mental.. (Ilustrasi/Pexels)
WHO menyebutkan bahwa melakukan isolasi mandiri ini bisa berdampak pada kesehatan mental.. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Mengatasi Stres

Rona Virus Korona virus corona covid-19 social distancing
Raka Lestari • 28 Maret 2020 16:04
Jakarta: Dengan meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia, pemerintah sudah menyarankan untuk melakukan social distancing dan meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan yang memang tidak terlalu penting. WHO juga menyebutkan bahwa melakukan isolasi mandiri ini bisa berdampak pada kesehatan mental.
 
Lalu apa yang bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga ketika melakukan isolasi mandiri?  Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi stres, menurut Heads Together, sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kesehatan mental di Inggris:

Melakukan latihan napas

Jika Anda merasa kewalahan dalam menghadapi suatu keadaan, cobalah untuk beristirahat sejenak sambil mengatur napas dalam-dalam. Melakukan hal ini sangatlah penting untuk mengurangi stres yang sedang dirasakan. Mengambil napas dalam-dalam selama 10 kali dapat membantu kembali keseimbangan mental dan mengurangi kecemasan.

Mengatur waktu untuk beristirahat

Pada saat Anda mengalami stres, sangat mungkin untuk merasa bahwa tidak ada waktu untuk beristirahat atau bersantai. Sekalipun itu hanya satu jam selama seminggu, pastikan Anda untuk menyingkirkan pekerjaan Anda atau untuk beristirahat.

Tidur 

Memastikan bahwa Anda mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur merupakan hal yang paling penting. Lakukan rutinitas malam hari secara rutin dan pertimbangkan untuk membuat diri Anda tidak memainkan atau menggunakan barang-barang elektronik sebelum tidur.

Jangan terlalu bersikap keras pada diri sendiri 

Stres dapat membuat seseorang menjadi lebih rentan untuk mengkritik diri sendiri, tetapi ingatlah untuk selalu bersikap baik pada diri sendiri. Sisihkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk merefleksikan hal-hal positif yang Anda alami atau Anda lakukan dan apresiasi atas pencapaian Anda pada hari itu.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif