Menekan nafsu makan secara alami dapat membantu untuk mencegah makan berlebihan dan mengalami kenaikan berat badan. (Ilustrasi/Pexels)
Menekan nafsu makan secara alami dapat membantu untuk mencegah makan berlebihan dan mengalami kenaikan berat badan. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Alami Menekan Nafsu Makan

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 15 Februari 2020 15:43
Jakarta: Menekan nafsu makan secara alami dapat membantu untuk mencegah makan berlebihan dan mengalami kenaikan berat badan. Beberapa orang mungkin menggunakan suplemen diet yang berbahan kimia untuk menekan nafsu makan. Akan tetapi ada juga cara alami yang bisa digunakan untuk menekan nafsu makan secara alami.
 
Dan berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menekan nafsu makan Anda, seperti dilansir The Healthy:
 
Makan makanan pedas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makanan pedas mungkin bisa menambah nafsu makan bagi beberapa orang, tetapi makanan pedas juga dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan alami karena kandungan capsaicin di dalamnya. “Menambahkan makanan pedas dapat membuat nafsu makan Anda berkurang, yang pada akhirnya dapat mencegah makan berlebihan,” ujar Joy L. Bauer, RD, CDN, ahli gizi yang berbasis di New York.
 
Menghirup peppermint
 
"Sebuah studi menemukan bahwa ketika partisipan mencium aroma peppermint setiap dua jam selama lima hari, mereka mengonsumsi hampir 1.800 lebih sedikit kalori pada minggu itu dan menilai tingkat kelaparan mereka secara signifikan lebih rendah daripada partisipan yang tidak terpapar peppermint," kata Bauer. Ia menyarankan untuk menyalakan lilin aroma peppermint, mengunyah permen peppermint, atau menyeruput teh peppermint untuk menekan nafsu makan.
 
Menambahkan chia seeds sebagai topping
 
Chia seeds kaya akan serat, yang dapat menekan nafsu makan. “Tambahkan chia seeds pada oatmeal atau yogurt dan smoothie Anda,” saran Bauer. “Chia seeds akan mengembang di perut Anda sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.” Chia seeds sebagian besar serat larut, yang telah dikaitkan dengan berkurangnya asupan dan nafsu makan.
 
Mengonsumsi apel 
 
Selain bermanfaat bagi kesehatan, mengonsumsi apel juga bisa bermanfaat untuk menekan nafsu makan Anda secara alami. "Kombinasi pektin, serat larut, kadar air tinggi, dan mengunyah apel merupakan cara yang tepat untuk menekan nafsu makan yang luar biasa,” kata Bauer. Selain itu, apel juga sangat mudah dibawa-bawa dan mudah dikontrol dalam hitungan porsi sehingga menjadikan apel pilihan yang tepat.
 
Minum air putih yang cukup 
 
Minum dua gelas air sebelum makan membantu menenkan nafsu makan, kata Bauer. “Jika minum air putih membuat Anda bosan, bisa tambahkan irisan jeruk atau mentimun,”katanya. Cara lain untuk tetap menghidrasi tubuh adalah dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan air seperti selada, mentimun, lobak, zucchini, dan seledri.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif