Menurut WHO tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus jenis virus korona atau covid-19 ini. (Foto: Pexels.com)
Menurut WHO tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus jenis virus korona atau covid-19 ini. (Foto: Pexels.com)

Apakah Hewan Peliharaan Bisa Terkena Virus Korona?

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 13 Februari 2020 12:52
Jakarta: Novel coronavirus atau yang baru disahkan namanya menjadi Covid-19 oleh WHO sampai saat ini setidaknya sudah menginfeksi lebih dari 60.000 manusia dan menyebabkan setidaknya di atas 1.000 orang meninggal dunia (berdasarkan data yang dihimpun Kps.go.id per Kamis, 13 Februari 2020).
 
Jumlah pasien meninggal tersebut lebih banyak dibandingkan pasien meninggal pada kejadian SARS di tahun 2003 lalu.
 
Penyebaran covid-19 ini diduga disebabkan oleh kelelawar. Dan karena penyebaran awal virus ini berhubungan dengan hewan, apakah berarti hewan-hewan peliharaan di rumah juga bisa terkena virus ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut WHO tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus jenis baru ini.
 
Namun WHO menyarankan Anda untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir setelah Anda menyentuh hewan peliharaan untuk mencegah penularan beberapa jenis bakteri yang umum seperti E.coli dan Salmonella.
 
Apakah Hewan Peliharaan Bisa Terkena Virus Korona?
(Menurut WHO tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus jenis covid-19 ini. Foto: Pexels.com)

Penularan antar spesies bisa terjadi setelah mutasi yang signifikan

Beberapa informasi mungkin menyebutkan bahwa covid-19 memang berasal dari hewan, sehingga ini membuat Anda merasa kebingungan.
 
Akan tetapi, virus korona memiliki banyak jenisnya. "Hampir setiap spesies hewan memiliki virus korona sendiri, dan dalam beberapa kasus lebih dari satu," ujar Dr Niels Pedersen Ph.D., profesor Kedokteran dan Epidemiologi di U.C. Davis Veterinary Medicine school seperti dilansir dari Bustle.
 
Pedersen melanjutkan, "Virus korona ada di sebagian besar spesies yang memiliki kontak dekat dengan manusia, seperti anjing dan kucing. Virus korona pada anjing dan kucing misalnya, yang memang banyak dipelihara oleh manusia, pada umumnya tidak menginfeksi manusia, begitupun sebaliknya.”
 
"Manusia memiliki jenis coronavirus yang berbeda secara genetis,” tambah Pedersen. “Penularan antar spesies memang bisa terjadi, akan tetapi hanya setelah mutasi yang signifikan dan setelah waktu bertahun-tahun, berabad-abad, atau bahkan ribuan tahun.”
 
Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai covid-19 bisa terkena hewan peliharaan Anda. Namun memang Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa orang-orang yang bepergian ke Tiongkok sebaiknya menghindari hewan yang berada di Tiongkok, entah itu hewan yang sudah mati atau masih hidup.
 
Dan sebelum memastikan kesehatan hewan peliharaan kesayangan Anda, pastikan untuk selalu memerhatikan kesehatan Anda terlebih dahulu secara keseluruhan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif