Efek Negatif Gawai Bagi Perkembangan Bicara Balita

Sri Yanti Nainggolan 09 Mei 2017 11:46 WIB
studi kesehatan
Efek Negatif Gawai Bagi Perkembangan Bicara Balita
(Foto: Mirror)
medcom.id, Jakarta: Pemberian gawai atau gadget memang dapat menunjang kreativitas anak usia balita. Namun, terlalu aktif memainkannya dapat membuat anak terlambat bicara, demikian berdasarkan penelitian. 

"Peralatan yang mudah digenggam adalah hal yang biasa saat ini. Di saat pedoman pediatrik menyarankan pembatasan waktu gawai pada bayi dan balita, kita malah menganggap itu adalah hal biasa," ujar Catherine Birken, dokter anak di The Hospital for Sick Children (SickKids) di Ontario, Kanada.

Penelitian tersebut menemukan bahwa terdapat hubungan yang jelas antara waktu bermain gawai dengan peningkatan keterlambatan bahasa ekspresif.


Meski demikian, penelitian tersebut tak melihat adanya hubungan antara waktu bermain gawai dan keterlambatan dalam komunikasi bentuk lain, seperti interaksi sosial, bahasa tubuh atau gestur. 

Studi tersebut melibatkan 894 anak-anak berusia enam bulan hingga dua tahun dimana 20 persen diantaranya bermain gawai selama 28 menit setiap hari. 

"Penelitian ini semakin mendukung rekomendasi kebijakan baru dari American Academy of Pediactrics yang mencegah pemberian gawai pada anak berusia di bawah 18 bulan." tambah Birken. 




(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id