Baru berhenti minum pil KB dan mencoba untuk hamil? Jangan khawatir. Berikut informasinya. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Baru berhenti minum pil KB dan mencoba untuk hamil? Jangan khawatir. Berikut informasinya. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Penelitian: Pil KB Tidak Menyebabkan Cacat Lahir

Rona penelitian
Timi Trieska Dara • 17 September 2018 15:31
Jakarta: Baru berhenti minum pil KB dan mencoba untuk hamil? Jangan khawatir. Sebuah penelitian terbaru menemukan kontrasepsi oral yang digunakan sebelum kehamilan--atau selama hamil--tidak menyebabkan cacat lahir. 
 
Seperti yang mungkin Anda ketahui, Pil KB mengandung hormon seks. Peneliti dari Denmark dan AS ingin tahu apakah hormon-hormon yang bersirkulasi di seluruh tubuh dapat berdampak buruk pada janin wanita, jika ia hamil.
 
Dilansir dari tulisan Melissa Willets, "Birth Control Pills Don't Cause Birth Defects, Study Says", para peneliti mengamati kelahiran hidup antara tahun 1997 hingga 2011 dan menganalisis informasi resep, yang pada akhirnya menentukan 8 persen wanita berhenti menggunakan kontrasepsi kurang dari tiga bulan sebelum hamil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya 1 persen menggunakan kontrasepsi oral (minum pil KB) saat hamil, mungkin karena mereka tidak tahu bahwa mereka hamil.
 
Penelitian: Pil KB Tidak Menyebabkan Cacat Lahir
(Dilansir dari tulisan Melissa Willets, "Birth Control Pills Don't Cause Birth Defects, Study Says", para peneliti mengamati kelahiran hidup antara tahun 1997 hingga 2011 dan menganalisis informasi resep, yang pada akhirnya menentukan 8 persen wanita berhenti menggunakan kontrasepsi kurang dari tiga bulan sebelum hamil. Foto: Rawpixel/Unsplah.com)
 
(Baca juga: Studi Bantah Pil KB Sebabkan Depresi)
 
"Banyak wanita berhenti menggunakan kontrasepsi oral ketika merencanakan kehamilan dan hamil hanya dalam beberapa bulan. Dalam kedua contoh itu, seorang wanita mungkin secara tidak sengaja mengekspos keturunannya selama kehamilan menjadi hormon exogenous, sex hormones," kata penulis penelitian Brittany M. Charlton, dari Harvard Medical School. 
 
Namun para peneliti mencatat tidak ada peningkatan risiko yang signifikan untuk cacat lahir ketika seorang wanita meminum pil KB tepat sebelum kehamilan atau saat hamil.
 
"Bagi wanita yang memiliki terobosan kehamilan selama penggunaan kontrasepsi oral atau bahkan dengan sengaja menjadi hamil dalam beberapa bulan menghentikan penggunaan kontrasepsi oral, setiap paparan tidak mungkin menyebabkan janinnya mengembangkan cacat lahir besar," kata peneliti kepada Time.com. Jadi, jangan khawatir.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif