Naik Turun Tangga Sama Baiknya seperti Aerobik

Pelangi Karismakristi 15 Februari 2018 18:49 WIB
kesehatan
Naik Turun Tangga Sama Baiknya seperti Aerobik
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Anda mungkin bukan tipe orang yang memiliki waktu untuk pergi ke pusat kebugaran. Namun tak usah bingung, Anda bisa tetap berolahraga dengan cara naik turun tangga.

Naik turun tangga bisa menjadi alternatif selain melakukan aerobik dan latihan ketahanan (resistance exercise). Sebab, naik turun tangga ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan membangun kekuatan kaki, terutama pada wanita yang sudah tua.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang sudah menopouse rentan terhadap masalah pembuluh darah dan otot.  


Tak hanya itu saja, studi juga menunjukkan bahwa naik turun tangga juga memiliki manfaat lain. Di antaranya menurunkan penebalan pada dinding arteri, membakar lemak, menurunkan risiko osteoporosis, dan menjadikan profil lipid lebih baik (HDL, LDL dan VLDL).

"Studi ini menunjukkan bagaimana naik turun tangga dapat menjadi efektif dalam mengurangi atau mencegah efek negatif dari menopause. Selain itu juga baik untuk kesehatan kardiovaskuler dan otot kaki, serta mencegah hipertensi pada wanita pascamenopause," jelas Executive Director at the North American Menopausal Society di Cleveland, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Menopause. Para peneliti mensurvei perempuan pascamenopause yang dilatih melakukan olahraga naik turun tangga sebanyak 192 langkah dalam dua sampai lima kali sehari.

Hasilnya menunjukkan bahwa mendaki tangga menyebabkan penurunan kekakuan arteri dan tekanan darah. Selain itu meningkatkan kekuatan kaki pada wanita yang hipertensi pascamenopause stadium 2.





(DEV)