Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Kasur bisa Melepaskan Racun saat Kita Tidur

Rona tidur
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Juli 2019 13:01
Kasur dapat melepaskan sejumlah kecil bahan kimia gas yang disebut senyawa organik mudah menguap (VOC). VOC ini terutama berasal dari poliuretan yang digunakan di kasur, tetapi juga dari bahan kimia lain yang digunakan dalam penghambat api dan plastik.
 

Jakarta: Kebanyakan orang menganggap tempat tidur mereka sebagai tempat yang aman. Tetapi, ada penelitian yang menjelaskan bahwa panas tubuh Anda mungkin memicu pelepasan bahan kimia berbahaya dari kasur Anda.
 
Dilansir dari webmd, kasur diketahui dapat melepaskan sejumlah kecil bahan kimia gas yang disebut senyawa organik mudah menguap (VOC). VOC ini terutama berasal dari poliuretan yang digunakan di kasur, tetapi juga dari bahan kimia lain yang digunakan dalam penghambat api dan plastik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, panas tubuh Anda tampaknya meningkatkan emisi VOC dari kasur Anda. Hal ini menurut tes yang dilakukan pada delapan jenis kasur poliuretan.
 
Akan tetapi, jangan malah buru-buru membuang kasur Anda. Dosis yang diperkirakan sebagian besar dari VOC tetap jauh di bawah tingkat yang dapat menyebabkan efek kesehatan. Namun, beberapa senyawa bisa mencapai tingkat tinggi, rentan terhadap bayi dan anak kecil.
 
"Tidak ada alasan untuk panik, tetapi penting untuk memahami bahwa kualitas udara di lingkungan mikro saat tidur penting sehubungan dengan paparan kami terhadap berbagai polutan seperti VOC," kata peneliti senior Yael Dubowski yang juga profesor asosiasi dengan Institut Teknologi Israel.
 
Oleh karena itu, kondisi kasur perlu diperbaiki. Efek kesehatan yang terkait dengan VOC berkisar dari iritasi mata, hidung, tenggorokan, hingga sakit kepala dan kerusakan organ.
 
Bahkan, beberapa VOC, termasuk benzena, asetaldehida, dan formaldehida, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Sebab, ketika tidur manusia memiliki peningkatan panas tubuh, kelembaban, dan karbon dioksida.
 
Panas tubuh muncul untuk meningkatkan setiap senyawa yang menguap dari kasur, dibandingkan dengan tingkat senyawa yang menguap ketika kasur tidak digunakan. Upaya terbaik yang bisa Anda lakukan ialah menjaga ventilasi yang baik di dalam rumah Anda.
 
Baik untuk Anda membuka jendela dan menggunakan pendingin udara. Karena, udara dalam ruangan dapat memunculkan VOC sebanyak 10 kali lebih tinggi dari pada udara di luar ruangan. Menghirup udara segar benar-benar dapat membantu mengurangi paparan senyawa buruk itu.
 
Anda juga dapat memilih kasur yang terbuat dari bahan selain busa poliuretan. Kasur yang mengandung kapas, wol, dan lateks alami semuanya akan menghasilkan tingkat gas yang lebih rendah.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif