Meskipun acar terbuat dari cuka yang memiliki manfaat dari probiotik, air acar juga memiliki manfaat lain seperti mengatur kadar gula darah Anda. (Foto: Womens Health)
Meskipun acar terbuat dari cuka yang memiliki manfaat dari probiotik, air acar juga memiliki manfaat lain seperti mengatur kadar gula darah Anda. (Foto: Womens Health)

5 Manfaat Air Acar bagi Tubuh

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 18 Juli 2019 16:30
Jangan pernah lagi menelantarkan air acar. Sebab banyak manfaat yang terkandung pada menu pelengkap ini. Salah satunya adalah sebagai sumber untuk hidrasi.
 

Jakarta:
Acar merupakan salah satu bahan pelengkap yang paling sering ditemui dalam berbagai hidangan. Seperti nasi goreng atau pun martabak telur. Banyak orang juga yang merasa belum lengkap jika makanannya tidak ditambahkan acar.
 
Acar sendiri biasanya terdiri dari sayuran, seperti timun, wortel, bawang merah, dan beberapa tambahan lain sesuai selera. Kebanyakan orang mungkin membiarkan begitu saja air acar dan hanya mengonsumsi sayurannya saja. Padahal sebenarnya, air acar tersebut juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Womens's Health, berikut ini adalah manfaat dari air acar bagi tubuh Anda yang mungkin selama ini diabaikan:

1. Salah satu sumber untuk hidrasi

Menurut Alyssa Lavy, RD, air acar mengandung natrium, kalium, dan air, yang semuanya penting untuk hidrasi. Air acar juga bisa menjadi pilihan untuk sumber elektrolit selain air.
 
"Kira-kira satu setengah hingga tiga ons jus acar per hari sudah cukup, entah Anda meminumnya langsung atau mencampurnya dengan air untuk mengurangi rasanya yang pekat. Namun Anda juga perlu waspada mengenai kandungan sodium yang terdapat di dalamnya," kata Lavy.

2. Bagus untuk pemulihan setelah olahraga

Air merupakan salah satu cairan yang Anda butuhkan baik saat sebelum dan sesudah berolahraga. Namun, jika Anda tidak mencukupinya dari air, bisa memilih air acar.
 
Air acar adalah cairan pemulihan untuk mengisi kembali elektrolit yang hilang selama sesi olahraga. Selain itu, air acar juga dapat membantu Anda mengatasi kram otot setelah berolahraga.

3. Kaya akan probiotik

Menurut Lavy, karena saat pembuatan acara terjadi proses fermentasi maka acar juga memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Namun, ia juga menyarankan untuk tidak memilih acar yang diproduksi secara komersial karena kemungkinan adanya proses yang menghilangkan kandungan probiotik. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah.

4. Sumber vitamin dan antioksidan

Air yang terdapat pada acar juga merpakan sumber yang baik dari vitamin A dan E. Air acar juga mengandung sejumlah antioksidan, yang membantu melindungi tubuh Anda dan sel-selnya dari molekul berbahaya. Namun sebaiknya Anda menambahkannya dengan sumber antioksidan lainnya, tidak hanya mengandalkan dari air acar saja.

5. Membantu mengatur tingkat gula darah

Meskipun acar terbuat dari cuka yang memiliki manfaat dari probiotik, air acar juga memiliki manfaat lain seperti mengatur kadar gula darah Anda.
 
"Studi telah menunjukkan bahwa ketika dikonsumsi sebelum makan, orang dengan diabetes tipe 2 mengalami penurunan gula darah," ujar Kelli McGrane, RD.
 
Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif