Nanas mengandung sesuatu yang disebut
Nanas mengandung sesuatu yang disebut "bromelain" (Foto: Snapwire/Pexels)

Mengapa Mulut Terasa Gatal setelah Mengonsumsi Nanas?

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 18 September 2019 08:05
Jakarta: Mengonsumsi nanas memang menyegarkan. Salah satu buah-buahan tropis ini juga merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
Sayangnya, beberapa orang mungkin mengalami efek yang tidak nyaman. Terutama setelah mengonsumsi nanas, seperti rasa gatal di mulut.
 
Banyak orang menganggap rasa gatal di mulut setelah mengonsumsi buah nanas disebabkan karena orang tersebut mengalami alergi nanas. Ada yang mengganggap benar, tak jarang juga yang mengatakan itu tidak selalu benar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faktanya, dikutip dari Livestrong, alergi nanas merupakan salah satu hal yang jarang terjadi. Alergi nanas memang dapat menyebabkan rasa gatal di mulut, namun ditambah dengan gejala lain, seperti sesak napas, pusing, kram perut, atau pembengkakan mulut, tenggorokan, dan lidah.
 
Livestrong menekankan bahwa rasa gatal yang dirasakan oleh banyak orang setelah mengonsumsi nanas bukanlah alergi, melainkan karena ada sesuatu pada nanas itu sendiri.
 
Nanas mengandung sesuatu yang disebut "bromelain". Bromelain sering digunakan sebagai pelunak daging karena dapat memecah protein. Jika mulut Anda terasa gatal atau perih setelah makan nanas, bisa jadi itu karena bromelain sebenarnya mulai memecah protein di mulut Anda.
 
Sementara alasan Anda hanya merasakannya di mulut karena perut Anda dapat memecah bromelain tersebut. Mulut Anda tidak bisa, dan reaksinya dapat menyebabkan rasa gatal, perih, dan bahkan bengkak. Namun bukan berarti Anda harus menghilangkan konsumsi nanas sehari-hari. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek bromelain pada mulut Anda.
 
Salah satunya adalah bisa memilih nanas yang sudah dimasak atau kalengan karena panas dapat menonaktifkan bromelain. Sehingga tidak dapat memecah protein apapun.
 
Atau bisa juga dengan merendam nanas yang sudah dikupas dalam air garam untuk mengurangi iritasi. Dengan merendamnya dalam air garam maka itu dapat membantu melarutkan asam pada nanas, sehingga menyebabkan bromelain menjadi kurang efektif.
 
Pada dasarnya, bromelain merupakan zat yang cukup unik. Bromelain terkonsentrasi di bagian ini atau batang nanas. Bromelain dapat digunakan sebagai pelunak daging dan dapat juga digunakan sebagai suplemen untuk tujuan anti-inflamasi.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif