Diskusi 90 Tahun Optik Tunggal di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 18 November 2019. (Foto:Istimewa).
Diskusi 90 Tahun Optik Tunggal di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 18 November 2019. (Foto:Istimewa).

Benarkah Kacamata Ion Mampu Menyembuhkan Penyakit Mata?

Rona kesehatan mata
K. Yudha Wirakusuma • 19 November 2019 18:04
Jakarta: Jalan pintas terkadang bukan pilihan pas. Kacamata Ion, misalnya. Kini temuan ini banyak dijual secara daring di link market place.
 
Sebuah temuan yang diklaim mampu mengobati sejumlah penyakit pada mata. Antara lain kelainan refraksi (mata minus atau plus, silinder, mata kering, buta warna, diabetik retinopati, glukoma dan katarak.
 
Kacamata ini memproklamasikan dirinya sebagai alat kesehatan mata yang mampu mengeluarkan gelombang ion dan sinar infra merah gelombang jauh. Dan jika dipakai selama 8 jam sehari, maka kacamata ini diklaim mampu mengobati sejumlah penyakit tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pakar Kesehatan Mata dr. Gitalisa Andayani Sp.M (K) menilai kacamata ion tidak sepenuhnya pas mengobati penyakit tersebut. Ia mencontohkan penyakit katarak yang terjadi pada anatomi dan buta warna adalah penyakit kognital (bawaan lahir).
 
"Dengan demikian penggunaan kacamata ion tidak bisa memberikan kesembuhan. Selain itu, kacamata ion juga belum terbukti secara medis," kata Gita dalam Diskusi 90 Tahun Optik Tunggal di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 18 November 2019.
 
Gita menganjurkan agar para penderita penyakit terhadap mata melakukan pemeriksaan langsung kepada dokter atau ahli. "Sedangkan untuk miopi atau hipermetropi harus diperiksa di optik dan diberi alat bantu penglihatan seperti kacamata," ujarnya.
 
Chairman of Optik Tunggal Alexander F. Kurniawan juga mengimbau agar masyarakat lebih bijak dalam menyikapi penyakit terhadap mata. Menurut Alexander, langkah yang sangat tepat adalah dengan melakukan tindakan medis dan obat-obatan.
 
Sementara kelainan mata seperti minus atau plus, harus memakai kacamata, soft lens atau ortho-K maupun tindakan lasik. Alex mengatakan pihaknya di Optik Tunggal memiliki alat pengecekan berteknologi tinggi yang bisa melakukan pengecekan mata secara akurat untuk kelainan refraksi pada mata maupun indikasi seperti dry eyes, glukoma, katarak dan keluhan mata lainnya secara gratis.
 
Selain itu, lanjut dia, Optik Tunggal juga bisa memberikan pilihan lensa terbaik untuk masing-masing individu dengan kebutuhan penglihatan yang berbeda, tergantung gaya hidup masing-masing.
 
"Sudah seharusnya gangguan dan penyakit mata ditangani sesuai kondisi dan penyebabnya. Masyarakat perlu peka dan perlu menanyakan ke dokter atau optik yang terpercaya untuk kebenaran klaim tersebut," tegas Alex.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif