Ketahuilah Si Kecil Dapat Mendengar Suara dalam Rahim
Percayakah Anda bahwa si kecil dalam rahim dapat mendengar suara? Berikut informasinya. (Foto:Pablo Heimplatz/Unsplash.com)
Jakarta: Percayakah Anda bahwa si kecil dalam rahim dapat mendengar suara? Si kecil mulai tumbuh saat usia kandungan sekitar delapan bulan. Dan si kecil mulai bisa benar-benar mendengar dengan jelas saat usia kandungan minggu ke-24.

Nah, janin yang ada dalam kandungan mulai dapat mendengar untuk pertama kalinya pada saat minggu ke-18 kehamilan. Suara pertama yang dapat didengar oleh si kecil adalah suara detak jantung Anda dan suara aliran darah.

Dilansir dari BabyCenter, di telinga bagian dalam (koklea) menerima gelombang suara yang diteruskan ke tiga tulang kecil, yaitu palu (malleus), landasan (incus), dan injakan sadel (stapes). Itulah saat di mana tulang telinga bagian dalam dan ujung saraf otak sedang berkembang.



(Si kecil mulai tumbuh saat usia kandungan sekitar delapan bulan. Foto: Bich Ngoc Le/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini yang Terjadi pada Penglihatan Si Kecil dalam Kandungan)

Kemudian, pada usia minggu ke-25, si kecil mulai bisa mendengar suara Anda dan akan mulai mengenalinya. Jadi, inilah saat yang tepat untuk mengobrol dengan janin Anda. Sehingga setelah lahir si kecil dapat mengingat suara Anda. Hal ini akan membantunya membentuk ikatan yang kuat dengan Anda.

Si kecil dapat memberikan respons dengan menendang keras saat Anda mendengarkan musik rock. Sebaliknya, jika si kecil mendengarkan musik klasik akan tenang.

Mulailah Anda sering bercerita kepada si kecil tentang kegiatan sehari-hari ataupun suara dari orang sekitar. Dengan demikian, saat si kecil lahir akan terbiasa dengan suara-suaru itu.


Maria Fransiska





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id