kandungan garam sodium cluster yang ditemukan dalam jus seledri bermanfaat untuk membuang racun di tubuh. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)
kandungan garam sodium cluster yang ditemukan dalam jus seledri bermanfaat untuk membuang racun di tubuh. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)

Manfaat Jus Seledri untuk Sistem Imun

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 13 Mei 2019 13:17
Jus seledri memiliki banyak manfaat. Di antaranya membantu sistem pencernaan, tambahan energi, dan bahkan membantu penyakit kronis.
 
Jakarta: Jus seledri saat ini menjadi salah satu tren kesehatan yang cukup berkembang di media sosial. Banyak sekali influencer ataupun pakar kesehatan yang menganggap bahwa jus seledri tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan.
 
Manfaat kesehatan dari jus seledri di antaranya membantu sistem pencernaan, tambahan energi, dan bahkan membantu penyakit kronis. Sehingga tidak heran banyak orang yang ingin tahu seberapa banyak manfaat jus seledri untuk sistem imun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda dianjurkan minum segelas jus seledri setiap pagi saat perut kosong. Meskipun sudah banyak yang membuktikan manfaat jus seledri untuk kesehatan, namun manfaat jus seledri bagi kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut.
 
Dr Peyton Berookim, MD, FACG, ahli gastroenterologi bersertifikasi dari Gastroenterology Institute, Amerika Serikat menjelaskan mengapa banyak orang saat ini menggandrungi jus seledri. Dipercaya bahwa kandungan garam sodium cluster yang ditemukan dalam jus seledri bermanfaat untuk membunuh semua patogen, membuang racun di tubuh, memperbaiki kesehatan usus dan liver yang dengan demikian dapat meningkatkan sistem imun tubuh.
 
"Manfaat jus seledri untuk sistem kekebalan tubuh sebenarnya dapat diperoleh dari vitamin seperti vitamin A dan C. Selain itu, asam folat yang ditemukan dalam seledri juga bisa ditemukan di beberapa sayuran lainnya," ujar Berookim.
 
Menurut seorang ahli nutrisi dan ahli diet terdaftar, Malina Malkani, MS, RDN, CDN, jus seledri bukanlah obat ajaib. Masih sedikit sekali penelitian yang mendukung klaim kesehatan mengenai manfaat jus seledri, atau yang mengatakan bahwa minum jus seledri lebih baik dibandingkan seledri secara utuh.
 
Meskipun begitu, bukan berarti mengonsumsi jus seledri tidak memiliki manfaat sama sekali untuk tubuh Anda. Samantha Cassetty, RD, chief nutrition officer dari OMG!Nutrition mengatakan, mengonsumsi berbagai vitamin, mineral, dan zat yang baik bagi tubuh dari tanaman dapat melindungi Anda dari kerusakan sel dan inflamasi.
 
Proses-proses ini dikaitkan dengan banyak penyakit kronis. Sehingga mengonsumsi makanan dengan senyawa pelindung dapat membantu menurunkan risiko Anda.
 
Selain itu, seledri memiliki jenis serat yang dapat menyehatkan bakteri sehat dalam usus Anda. Ketika bakteri usus yang menguntungkan berkembang, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
 
Mencicipi Lezatnya Makanan Cepat Saji untuk Vegetarian

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif