Percepatan metabolism juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang kita lakukan. (Foto: Pexels.com)
Percepatan metabolism juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang kita lakukan. (Foto: Pexels.com)

Kurus Bukan Berarti Punya Metabolisme Lebih Baik

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 08 Maret 2019 18:41
Melissa Majumdar, ahli diet bariatric yang bekerja di Brigham and Women's Center for Metabolic and Bariatric Surgery mengatakan kalori orang yang memiliki kelebihan berat badan juga akan lebih banyak terbakar saat sedang tidur sekalipun. Jadi ini bertentangan dengan pemahaman yang selama ini kita ketahui.
 

 
Jakarta:
Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi. Namun secara umum, orang kurus ternyata tidak memiliki metabolisme yang lebih baik ketimbang yang memiliki kelebihan berat badan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebabnya, semakin besar tubuh Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Hal ini bisa dibuktikan melalui metabolisme basal. Sebuah perhitungan yang mengacu pengeluaran dan penambahan jumlah kalori yang dibutuhkan sel dalam tubuh untuk tetap hidup.
 
"Total kebutuhan kalori Anda diperlukan untuk bergerak. Nah, karena memiliki massa berat yang lebih banyak, orang yang memiliki kelebihan berat badan akan membakar lebih banyak kalori," kata Martin Binks, direktur Nutrition & Metabolic Health Initiative di Texas Tech University.
 
Melissa Majumdar, ahli diet bariatric yang bekerja di Brigham and Women's Center for Metabolic and Bariatric Surgery juga mengamini. Bahkan, kata dia, kalori orang yang memiliki kelebihan berat badan juga akan lebih banyak terbakar saat sedang tidur sekalipun.
 
"Begini, jika kita membiarkan dua orang berbaring di tempat tidur dengan bobot tubuh yang berbeda, orang yang lebih berat akan membakar lebih banyak kalori," ujar dia.
 
Majumdar mengatakan realitas biologis ini juga menjelaskan mengapa seseorang lebih sulit untuk terus menurunkan berat badan. Dengan berat badan yang semakin merosot, artinya, Anda akan membakar lebih sedikit kalori. 
 
"Itu karena jumlah energi, atau kalori yang Anda butuhkan semakin berkurang sejalan dengan penurunan berat badan," jelas dia.
 
Kurus Bukan Berarti Punya Metabolisme Lebih Baik
(Percepatan metabolisme juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang kita lakukan. Semakin aktif bergerak, semakin besar pula kalori pada tubuh terbakar. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Tips Membakar Kalori Saat Tidur)

Peran aktivitas fisik

Percepatan metabolisme juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang kita lakukan. Semakin aktif bergerak, semakin besar pula kalori pada tubuh terbakar.
 
Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh genetik. Meskipun genetika bukan jadi faktor yang paling utama.
 
"Meskipun kita mungkin tidak memiliki kendali atas faktor genetik yang memengaruhi metabolisme, namun, aktivitas fisik, baik melalui olahraga dan gerakan sehari-hari, dapat menjelaskan 15 persen hingga 30 persen dari kebutuhan metabolisme," ujar Majumdar.
 
Dia juga menyarankan untuk melakukan Non exercise activity thermogenesis (NEAT), jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal.
 
NEAT merupakan semua aktivitas fisik yang dapat membakar kalori seperti berjalan, berbelanja, membersihkan rumah, berdiri, dan bahkan hal-hal yang sering dilakukan sehari-hari lainnya.
 
"Efek NEAT pada tubuh seseorang bervariasi. Namun bisa membakar hingga 2.000 kalori per hari, pada beberapa orang," tandas Majumdar.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif