Melakukan yoga dianggap dapat mengurangi tingkat stres Anda. (Foto: Pexels.com)
Melakukan yoga dianggap dapat mengurangi tingkat stres Anda. (Foto: Pexels.com)

Manfaat Yoga dalam Menurunkan Berat Badan

Rona kesehatan
Raka Lestari • 22 April 2019 18:50
Departemen Kesehatan AS merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang untuk manfaat kesehatan seperti peningkatan kebugaran dan kekuatan otot, dan penurunan gejala depresi.
 

 
Jakarta:
Yoga merupakan salah satu latihan yang terkenal akan manfaatnya dalam kesehatan, terutama dalam kesehatan mental karena melakukan yoga dianggap dapat mengurangi tingkat stres Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun salah satu manfaat lainnya dari yoga adalah untuk membantu menurunkan berat badan Anda karena ketika melakukan yoga meskipun Anda tidak mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak seperti olahraga-olahraga lainnya, dapat membakar kalori dalam tubuh Anda.
 
Jika menurunkan berat badan adalah tujuan utama Anda dalam melakukan yoga, maka menentukan jenis yoga yang Anda lakukan sangatlah penting.
 
"Jenis Yoga yang dapat membuat lebih santai, seperti yoga Hatha mungkin tidak begitu berpengaruh dalam menurunkan berat badan," ujar Jonathan Amato, C.S.C.S." Sebagai perbandingan, Bikram atau yang sering disebut hot yoga dapat membakar lebih banyak kalori dalam setiap sesi."
 
Bikram atau hot yoga membutuhkan berbagai posisi yang cukup sulit sehingga dapat menyebabkan peningkatan detak jantung Anda. Dengan melakukan Bikram atau hot yoga di ruangan yang panas juga dapat membakar lebih banyak kalori.
 
(Baca juga: Tampak Muda 3 Tahun dengan Lakukan Yoga Wajah)
 
Manfaat Yoga dalam Menurunkan Berat Badan
(Yoga merupakan salah satu latihan yang terkenal akan manfaatnya dalam kesehatan, terutama dalam kesehatan mental. Foto: Pexels.com)
 
Sebagai perbandingan, yoga Hatha membutuhkan lebih sedikit aktivitas fisik yang membuatnya cocok untuk semua tingkat kondisi. Yoga Hatha juga bisa dilakukan tanpa harus di ruangan dengan pemanas.
 
Selain menurunkan berat badan, yoga juga bisa membantu Anda dalam membentuk tubuh. Yoga mengharuskan Anda menggunakan berat badan untuk melakukan pose-pose menantang, yang dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot.
 
Sehingga hal itu berguna bagi pembentukan tubuh Anda. "Jika yang Anda lakukan selama ini adalah latihan beban dan kardio, dengan menambahkan latihan Yoga satu atau dua kali seminggu, akan memberikan tantangan baru bagi tubuh Anda untuk beradaptasi," tambah Amato.
 
"Adaptasi inilah yang akan membuat Anda menjadi lebih baik secara keseluruhan."
 
Tentu saja dampak dari melakukan yoga berbeda pada setiap individu. Menurut Amato, tiga hal penting yang paling penting dan dibutuhkan dalam pembentukan tubuh adalah kekuatan, daya taham, dan mobilitas.
 
Untuk dapat memenuhi ketiga faktor tersebut Anda perlu memadukan antara olahraga yang dilakukan dengan rutinitas sehari-hari.
 
Departemen Kesehatan AS merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang untuk manfaat kesehatan seperti peningkatan kebugaran dan kekuatan otot, dan penurunan gejala depresi.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif