Lagi pula, kini Anda tak perlu berlama-lama dalam berolahraga. Cukup meluangkan 1 sampai 10 menit saja. (Foto Ilustrasi: Aleksander Redl/unsplash.com)
Lagi pula, kini Anda tak perlu berlama-lama dalam berolahraga. Cukup meluangkan 1 sampai 10 menit saja. (Foto Ilustrasi: Aleksander Redl/unsplash.com)

Semenit Olahraga dengan Intensitas Tinggi setara 45 Menit Joging

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 27 Desember 2018 09:05
Jakarta: Tak ada alasan untuk menghindari olahraga. sekalipun Anda tengah dilanda kesibukan.
 
Bukan rahasia jika olahraga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tak hanya itu, menurut beberapa studi, olahraga juga berfungsi mengurangi stres yang bisa jadi disebabkan oleh tekanan dalam pekerjaan.
 
Lagi pula, kini Anda tak perlu berlama-lama dalam berolahraga. Cukup meluangkan 1 sampai 10 menit saja. Hasilnya akan setara dengan olahraga dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini dibuktikan para ilmuwan dari universitas yang berbasis di Kanada. Para ilmuwan ini menguji 25 orang yang memiliki kelebihan berat badan dalam serangkaian tes latihan olahraga selama 12 minggu penuh.
 
Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta berlatih olahraga intensitas tinggi semacam lari 1-10 menit. Sementara kelompok lain dibuat berkeringat dengan latihan intensitas rendah seperti joging.

Klik di sini: Menurunkan Berat Badan tak Perlu Memotong Asupan Karbohidrat

Setelah masa uji usai, para peserta tadi dianalisis berdasarkan kekuatan otot, kesehatan jantung dan kelincahan aerobik. Hasilnya, kedua kelompok tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan tertentu yang terlihat pada orang yang berolahraga dengan intensitas rendah maupun tinggi.
 
"Mereka semua menunjukkan tingkat kebugaran yang sama," kata Martin Gibala, Profesor Kinesiology dari McMaster University.
 
Penelitian telah membuktikan bahwa berolahraga hanya selama satu menit secara Interval memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. Malahan bisa membuat otot-otot inti Anda menjadi lebih kuat.
 
"Seperti halnya sesi joging 45 menit. Jadi, ya, ada cara untuk mengambil semua manfaat yang baik dari sesi latihan singkat, tanpa mengurangi jadwal sibuk Anda," pungkasnya.
 
Cara Cerdas Cegah Obesitas

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif