Makanan kita menghasilkan keringat berlebih yang menyebabkan bau badan. (Foto: Pexels.com)
Makanan kita menghasilkan keringat berlebih yang menyebabkan bau badan. (Foto: Pexels.com)

Alasan Bau Badan Muncul dan Cara Mengatasinya

Rona kesehatan kulit
Kumara Anggita • 29 April 2019 12:09

Sumber bau badan adalah dari bakteri. Makanan kita menghasilkan keringat berlebih yang menyebabkan bau badan. Keringat media yang bagus untuk bakteri berkembang. Untuk mengontrolnya minum air putih, kurangi goreng-gorengan serta gunakan deodoran yang cocok untuk kulit Anda.
 


Jakarta: Anda sedang asik mengobrol saat makan siang tiba-tiba muncul bau yang mengganggu. Dahi mengernyit, ternyata itu dari arah Anda. Lantaran tak percaya diri. Anda jadi kelihatan malu juga bingung dan membuat suasana jadi canggung. 
 
Dokter Gia Pratama menyatakan bahwa bau badan muncul karena peran dari bakteri. Saat Anda berkeringat, bakteri akan menjadikan keringat tersebut sebagai medianya untuk beraksi. 
 
“Sumber bau badan adalah dari bakteri. Makanan kita menghasilkan keringat berlebih yang menyebabkan bau badan. Keringat media yang bagus untuk bakteri berkembang,” ujarnya pada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika bakteri dibiarkan, dia akan berkembang dengan cepat. Dokter Gia mengatakan jika Anda membersihkan tubuh, delapan jam kemudian bakteri akan berkembang kembali ke titik yang sama. 
 
“Bakteri yang kita takuti adalah daya replikasinya itu. Satu jadi dua. Dua jadi empat. Empat jadi delapan,” ujarnya.
 
Karena itu, kunci utama untuk mengurangi bau badan adalah dengan mengontrol bakteri itu melalui mandi secara rutin.
 
Alasan Bau Badan Muncul dan Cara Mengatasinya
(Makanan kita menghasilkan keringat berlebih yang menyebabkan bau badan. Foto: Pexels.com)

Cara mengatasi bau badan

Saat mandi Anda juga harus memastikan melakukannya dengan tepat. Bukan asal mandi saja terlebih di bagian-bagian yang suka muncul keringat.
 
“Jumlah bakteri itu kalau mandi langsung menurun drastis. Makanya badan kita segar seiap habis mandi karena badan kita bersih dari bakteri,” ujarnya.
 
Selain itu, Anda juga bisa mengontrol produksi keringat Anda dengan banyak minum air putih dan makan-makanan sehat. Hindari makanan berminyak seperti gorengan.
 
“Minum air yang banyak dan jaga makanan yang lemak-lemak. Gorengan, minyak-minyak. Jerawat juga muncul dari situ,” papar dokter yang akrab dengan generasi milenial ini.
 
Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan pencegahan dari luar seperti deodoran untuk meredam keringat khususnya di bagian ketiak yang banyak mengeluarkan keringat. Namun pastikan agar Anda menggunakan deodoran yang cocok dengan Anda.
 
“Pakai deodoran membantu tapi ada beberapa orang yang alergi sama deodoran karena itu ganti deodorannya yang kadar isinya beda komposisinya,” ujarnya.
 
Jika Anda gatal-gatal saat menggunakan deodoran. Segera hentikan penggunaan dan cari alternatif lain. Kulit Anda akan iritasi. “Kalau gatal langsung ganti saja dan hentikan,” tutupnya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif