Konsumen Dianjurkan Pilih Makanan yang Mencantumkan Informasi Nilai Gizi

Sri Yanti Nainggolan 26 April 2018 10:46 WIB
kesehatan
Konsumen Dianjurkan Pilih Makanan yang Mencantumkan Informasi Nilai Gizi
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Memilih asupan makanan yang bergizi merupakan kunci awal dalam melakoni pola hidup sehat. Sayangnya, hal itu masih sulit dilakukan mengingat masih ada makanan yang tidak mencantumkan label gizi pada bungkusnya. Itu tentunya membuat kesulitan untuk mengetahui zat apa saja yang terkandung dalam makanan. 

Ahli kedelai dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Made Astawan menjelaskan bahwa negara ini mengikuti aturan internasional. 

"Idealnya memang harusnya ada. Kita belum bisa (mengatur) karena sudah ada Undang-undang label tersendiri, dan secara internasional belum mewajibkan. Indonesia tentunya melakukan harmonisasi dan sinkronisasi dengan dunia terkait hal ini," terangnya dalam temu media dan blogger, Rabu, 25 April 2018. 


Oleh karena itu, ia berharap konsumen lebih memilih makanan yang pada kemasannya tertera informasi kandungan gizi. 

Sementara itu, beberapa negara di sekitar sudah mempraktekkan pelabelan tersebut. 

"Di Australia, pelabelan Indeks Glikemik Rendah sudah diterapkan, terutama pada beras," kata Made, memberi contoh. 

Pelabelan makanan sehat di Indonesia juga diharapkan segera terlaksana oleh pihak swasta, seperti PT Amerta Indah Otsuka yang mengeluarkan dua produk, yaitu minuman ion dan cemilan berbahan dasar kedelai. 

"Ini menjadi perhatian kami karena pelabelan dapat memberi nilai kesehatan pada makanan. Sekarang, produk cemilan kami di Jepang sudah memiliki label Indeks Glikemik Rendah. Kami harap Indonesia juga bisa demikian," terang Ricky Suhendar selaku Corporate Communication Director PT Amerta Indah Otsuka, pada kesempatan yang sama.
 
Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id