Manfaat Olahraga Sambil Mendengarkan Musik
Berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda berolahraga sambil mendengarkan musik. (Foto: Courtesy of Boldsky.com)
Jakarta: Beberapa orang terbiasa mendengarkan musik saat berolahraga. Ternyata kebiasaan tersebut dapat memberikan banyak manfaat. 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda berolahraga sambil mendengarkan musik, seperti dilansir Boldsky.

1. Motivasi
Olahraga sambil mendengarkan musik membuat Anda tak sadar akan energi yang dikeluarkan. The Guardian melaporkan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan kinerja atletik hingga sebanyak 15 persen.


Selain itu, mendengarkan musik juga dapat mengubah suasana hati dan menemukan kesadaran diri. Musik memungkinkan Anda untuk berpikir tentang diri sendiri, seperti apa yang Anda inginkan dalam hidup. 

(Baca juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Selain Bikin Pikiran Rileks)


(Salah satu hal terbesar yang dilakukan musik adalah membantu Anda mengubah persepsi Anda tentang batas Anda. Foto: Element5 Digital/Unsplash.com)

2. Mengeluarkan tenaga tanpa disadari
Beberapa studi menunjukkan bahwa musik lebih berpengaruh jika menjalani aktivitas berulang dan daya tahan. Lagu favorit, di satu sisi, dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi pengerahan tenaga. Artinya, mendengarkan musik pada dasarnya mempermudah olahraga dan mendorong untuk bekerja lebih keras tanpa disadari.

3. Mempercepat detak jantung
Berlari di treadmill atau olahraga sepeda statis sambil mendengarkan musik dapat membuat jantung ikut berolahraga. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan detak jantung sekaligus mengeluarkan lebih banyak keringat. Detak per menit (BPM) yang meningkat juga membuat motivasi berolahraga semakin besar.

4. Membuat melampaui batas
Salah satu hal terbesar yang dilakukan musik adalah membantu Anda mengubah persepsi Anda tentang batas Anda. Dan itu dilakukan dengan menghalangi beberapa kelelahan Anda.

Musik yang tepat dapat mengalihkan perhatian dari usaha untuk mengeluarkan energi sehingga lebih banyak gerakan yang dilakukan melebihi kemampuan standar. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id