5 Gejala Hamil yang Tak Biasa
5 Gejala Hamil yang Tak Biasa (Foto: gettyimages)
Jakarta: Ketika mencoba untuk hamil, Anda pasti tidak akan melewatkan masa ovulasi serta kapan periode haid tiba. Sangat penting memang mengetahui kapan Anda hamil untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, yang akan berdampak bagi janin Anda.

Tapi, tidak semua wanita mengalami tanda-tanda awal kehamilan yang sama. Berikut adalah beberapa tanda awal kehamilan yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Buang air kecil lebih sering
Selama trimester pertama kehamilan, volume darah wanita meningkat dan ginjal harus mengeluarkan cairan berlebih yang berakhir di kandung kemih. Peningkatan kadar hormon progesteron mungkin juga membuat Anda sering merasa ingin buang air kecil.


2. Payudara melembut
Ini juga karena hormon progesteron yang memicu pertumbuhan kelenjar susu di payudara. Rasa sakit atau kelembutan yang mungkin dirasakan adalah dari kelenjar-kelenjar yang membengkak.

3. Merasa lelah
Sebagian besar wanita merasa lelah pada titik tertentu selama kehamilan mereka. Ini bisa jadi karena fakta menumbuhkan janin itu sulit untuk tubuh Anda, peningkatan volume darah atau sulit tidur malam yang nyenyak karena keinginan buang air kecil di tengah malam.

4. Tidak buang air besar seperti biasanya
Hormon progesteron melemaskan otot-otot halus di tubuh Anda, termasuk otot di usus yang menggerakkan makanan di sepanjang saluran usus Anda. Karena waktu yang dibutuhkan makanan untuk keluar dari mulut ke rektum meningkat, lebih banyak air yang diserap dan tinja menjadi lebih sulit dilalui.

5. Malas makan
Ketidaksukaan makanan adalah efek sampung yang aneh dari kehamilan yang membuat Anda mual atau tidak suka makanan yang biasanya disukai, terutama jika beraroma. Tidak ada alasan ilmiah mengapa ini terjadi pada banyak wanita selama hamil. Tapi, ini bisa menghindari makanan yang berbahaya seperti mengandung bahan kimia kuat.



(ELG)