Manfaat Kalium yang Penting bagi Tubuh

Sri Yanti Nainggolan 08 Agustus 2018 17:23 WIB
kesehatan
Manfaat Kalium yang Penting bagi Tubuh
Berikut adalah beberapa manfaat dari kalium untuk tubuh. (Foto: Vitchakorn Koonyosying/Unsplash.com)
Jakarta: Kalium adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. "Defisiensi kalium dapat menyebabkan kelelahan, sembelit, lekas marah, kram otot, kram perut dan kembung serta masalah tekanan darah," ujar Ankita Ghag, ahli gizi klinis dari Vacchan Aarogya, India.

Berikut adalah beberapa manfaat dari kalium untuk tubuh. 

1. Membantu untuk mengatur tekanan darah
"Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, ikuti diet DASH yang tinggi kalium dan rendah sodium," ujar Ghag. Tapi tambahnya, makanan kalium seharusnya tidak disertai dengan makanan tinggi sodium.


(Baca juga: Kurang Kalium Picu Jantung Berdebar)


("Defisiensi kalium dapat menyebabkan kelelahan, sembelit, lekas marah, kram otot, kram perut dan kembung serta masalah tekanan darah," ujar Ankita Ghag, ahli gizi klinis dari Vacchan Aarogya, India. Foto: Jonathan Pielmayer/Unsplash.com)

2. Mengatasi selulit
Penumpukan disebabkan karena retensi cairan yang merupakan salah satu faktor penyebab utama selulit. Jadi, mengonsumsi makanan yang penuh dengan kalium dapat mengurangi penampilan selulit.

3. Meningkatkan kesehatan tulang 
Kalium membantu menetralisir berbagai asam dalam tubuh dan mempertahankan dan menjaga kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat. 

4. Tempat pengolahan makanan yang tepat
"Untuk memproses dan memanfaatkan karbohidrat yang Anda konsumsi, tubuh Anda sebenarnya membutuhkan kalium. Untuk membangun protein dan otot juga dibutuhkan potasium," papar Ghag.

Beberapa makanan yang mengandung kalium adalah salmon, susu utuh, buah jeruk, teh hitam, kopi hitam, sayuran, biji-bijian, air kelapa, lentil, pisang, dan kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang-kacangan.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id