Ilustrasi-Insider
Ilustrasi-Insider

7 Kesalahan Penggunaan Obat Mata

Rona kesehatan mata
Kumara Anggita • 14 Agustus 2020 14:02
Jakarta: Penggunaan tetes mata atau salep mata nampak sederhana. Kendati demikian, masih banyak orang yang salah menggunakannya sehingga obat tidak bekerja secara optimal.
 
Untuk menghindari kesalahpahaman ini, apoteker RS UI, Sri Wulandah Fitriani, M.Farm ingin membagikan 7 kesalahan ilmu yang biasa dilakukan orang-orang saat mengunakan obat mata.

1. Salah regimen pemberian

Banyak orang yang mendapat tetesan atau salep mata dan langsung memakainya karena menganggap obat mata tipenya sama saja. Padahal ada obat yang untuk mata kiri saja atau mata kanan saja. Untuk itu, Sri menganjurkan agar Anda membaca dulu baik-baik langkah yang ada di produk sebelum menggunakannya.

2. Tidak mencuci tangan sebelum menggunakan obat mata 

Mata adalah salah satu area yang sensitif. Oleh karena itu, Anda harus ekstra bersih bila mau memasukan sesuatu ke mata Anda. Sri menyebutkan bahwa Anda harus mencuci tangan dengan bersih bila tidak mata bisa mengalami infeksi.

3. Menahan kelopak mata atas saat menggunakan obat tetes mata

Banyak orang yang asal memasukan tetesan atau salep mata tanpa teknik. Ini bisa membuat obat tumpah. Untuk itu, Sri menganjurkan Anda untuk Dongakkan kepalakebelakang,kemudian tarik kelopak mata bagian bawah secara perlahan.

4. Pemberian jumlah tetesan obat melebihi yang diresepkan 

Baca baik-baik apa yang dianjurkan oleh dokter atau produk itu sendiri. “Banyak orang merasa satu tetes belum cukup, mereka inisiatif untuk menambah tetesan tersebut. Ini adalah kesalahan,” jelasnya.

5. Pemberian tetes obat terlalu dekat dengan batang hidung

Ia mengungkapkan bahwa cara ini menyebabkan tetesan obat tidak masuk ke bola mata. Obat malah akan meluncur ke air mata.

6. Menggunakan obat tetes yang tidak sesuai

Anda perlu hati-hati karena beberapa obat bentuk dan tampilannya begitu mirip. “Ada kemiripan obat sariawan dengan tetes mata. Ini bahaya sekali, bisa mencederai mata,” ujarnya Webinar RSUI yang bertajuk Kenali Gejala Kelainan Mata Anak.

7. Tidak memperhatikan batas waktu penggunaan obat 

Sebelum menggunakan obat mata pastikan Anda melihat kapan batas waktu penggunaan obat. “Batas waktu penggunaan obat berbeda dengan waktu kedaluarsa obat ,” ujarnya.
 
Untuk menghindari kesalahan ini, “tulislah tanggal pembukaan segel kemasan untuk mengetahui tanggal penyimpanan obat,” ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif