Risiko penyakit jantung dapat menyerang manusia di usia 55 tahun atau lebih muda. (Ilustrasi--MI/Ramdani)
Risiko penyakit jantung dapat menyerang manusia di usia 55 tahun atau lebih muda. (Ilustrasi--MI/Ramdani)

4 Langkah Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Rona penyakit jantung
Timi Trieska Dara • 18 Februari 2020 16:58
Jakarta: Penyakit jantung dapat menimpa siapa saja. Risiko penyakit jantung dapat menyerang manusia di usia 55 tahun atau lebih muda.
 
"Usia 65 tahun atau lebih muda untuk wanita, dan usia 55 tahun atau lebih muda untuk pria," kata Jennifer H. Mieres, MD, profesor kardiologi, wakil presiden senior, Pusat Perawatan Ekuitas, Kesehatan Northwell, New York, seperti dilansir Bitter Homes & Gardens.
 
Meski demikian, tak jarang kita jumpai orang di usia muda terkena serangan jantung. Kondisi gangguan jantung serius ini ditandai dengan otot jantung tidak mendapat aliran darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas, bagaimana kita dapat menurunkan risiko penyakit jantung?
 
Bahkan jika suatu penyakit jantung berkembang di keluarga Anda, membuat perubahan gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa di antara orang-orang dengan risiko genetik yang kuat untuk penyakit jantung, gaya hidup adalah kontributor besar untuk mengembangkannya pada usia muda. Empat langkah pencegahan paling kuat penyakit jantung adalah:
 
1. Jangan Merokok
 
Merokok merusak lapisan arteri Anda, yang menyebabkan terbentuknya plak/penyumbatan seiring waktu. Dalam beberapa hari setelah berhenti, tekanan darah mulai turun. Dalam setahun, risiko penyakit jantung koroner Anda berkurang setengahnya; dalam 15 tahun, risiko Anda turun ke risiko bukan perokok.
 
2. Tetap dengan Berat Badan yang Sehat
 
BMI 18,5 hingga 24,5 adalah ideal, tetapi kehilangan 10 pound saja dapat mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung.
 
3. Olah raga
 
Anda dapat menurunkan kolesterol LDL dengan diet, tetapi untuk meningkatkan HDL "baik", Anda butuh aktivitas fisik. Rutinkan 30 menit atau lebih dari setidaknya aktivitas aerobik sedang (jalan cepat, berenang, naik sepeda) 5 hari seminggu bersama dengan olah raga resistensi dua kali seminggu. Penelitian telah menunjukkan bahwa bermitra dengan teman berolah raga atau mengikuti kelas dapat membantu Anda mempertahankannya. "Produk pakaian (seperti pedometer dan tracker) juga terbukti membantu," kata Mieres, yang ikut menulis Heart Smart for Women: Six S.T.E.P.S. in Six Weeks to Heart-Healthy Living with Rosen.
 
4. Diskusikan dengan Dokter Anda
 
Pertahankan dokter Anda dalam lingkaran tentang gaya hidup Anda. Jika mengubah kebiasaan Anda tidak meningkatkan kolesterol, tekanan darah, dan atau kadar gula darah, obat-obatan dapat membuat perbedaan besar. Satu studi menemukan bahwa menurunkan tekanan darah ke tingkat yang direkomendasikan dan mengurangi kolesterol LDL hingga 30 persen dapat menurunkan risiko penyakit jantung Anda sebanyak sepertiga.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif