Berikut ini adalah beberapa penyebab Anda mengalami bersin secara terus menerus. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa penyebab Anda mengalami bersin secara terus menerus. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Bersin Secara Terus Menerus

Rona kesehatan
Raka Lestari • 14 Januari 2020 12:34
Jakarta: Bersin adalah sesuatu yang normal dan setiap manusia pasti pernah mengalaminya. Akan tetapi jika bersin terjadi secara terus menerus, tentunya akan sangat mengganggu.
 
Bersin juga merupakan salah satu pertanda Anda akan terkena pilek, tetapi jika bersin terjadi secara terus menerus mungkin terjadi karena penyebab lainnya.
 
Dan berikut ini adalah beberapa penyebab Anda mengalami bersin secara terus menerus seperti dilansir dari Jessica Migala melalui The Healthy:

1. Alergi

"Bersin disebabkan karena partikel asing atau iritasi mengenai jaringan hidung," jelas Miguel Wolbert, MD, dari West Texas Allergy. "Anda bersin untuk mengeluarkan partikel secara paksa dari rongga hidung," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika alergi, tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap sesuatu yang biasanya jinak, seperti serbuk sari dari tumbuhan atau bulu binatang.
 
Jika bersin disertai dengan gejala alergi klasik lainnya seperti pilek, hidung tersumbat, dan mata gatal maka kemungkinan besar alergi.
 
Penyebab Bersin Secara Terus Menerus
(Bersin adalah sesuatu yang normal, tapi jika bersin terjadi secara terus menerus mungkin terjadi karena penyebab lainnya. Foto: Pexels.com)

2. Infeksi sinus

Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology, alergi dan pilek dapat berubah menjadi sinusitis, infeksi yang menyebabkan sinus membengkak.
 
Gejalanya adalah hidung yang tersumbat, nyeri wajah, batuk, demam, dan kelelahan. "Untungnya, sebagian besar infeksi sinus biasanya disebabkan oleh virus dan Anda akan merasa lebih baik dalam waktu sekitar satu minggu," kata Dr Wolbert.

3. Mengonsumsi obat

Satu efek samping dari beberapa jenis obat adalah bersin. "Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan respons saraf yang aneh, membuat Anda bersin," kata Dr Wolbert. Meskipun memang hal ini sangat harang terjadi.
 
Jika Anda mengalami bersin yang mengganggu setelah mengonsumsi obat, sebaiknya dihentikan terlebih dahulu obat-obatannya tersebut.

4. Polip hidung

Joseph Han, MD, Direktur Medis Divisi Alergi di Eastern Virginia Medical School mengatakan adanya polip pada lapisan sinus dapat menyebabkan bersin, tersumbat, hidung berair, dan menurunnya kemampuan mencium bau sesuatu.
 
Dokter Anda kemungkinan akan mendiagnosis polip dengan pemeriksaan fisik dan merekomendasikan obat-obatan seperti steroid hidung atau neti pot yang dapat mengurangi bersin dan memungkinkan Anda bernapas dengan mudah.

5. Kabut asap

"Polusi luar ruangan dapat menyebabkan bersin karena partikel kecil polutan dapat dengan mudah disedot ke dalam rongga hidung Anda," kata Dr Wolbert. Polusi udara juga dapat membuat alergen lebih kuat, dan memperburuk gejala Anda atau memicu alergi baru.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif