Prof. dr. Harmani--Medcom.id/Kumara Anggita.
Prof. dr. Harmani--Medcom.id/Kumara Anggita.

Kenapa Obat Kolestrol Bisa Mengurangi Penyakit Jantung?

Rona penyakit jantung
Kumara Anggita • 21 September 2019 18:07
Tangerang: Penggunaan obat kolestrol berupa statin ternyata dapat mengurangi penyakit jantung. Dokter jantung , Prof. dr. Harmani Kalim, Sp.JP(K) menjelaskan dalam seminarnya yang bertajuk Reducing Cardiovascular Event with Statin bahwa obat ini bekerja mempengaruhi plak yang berperan dalam terjadinya serangan jantung.
 
Berikut beberapa manfaat dari statin.
 
Prof. dr. Harmani menjelaskan bahwa plak tersebut muncul karena beberapa alasan salah satunya kadar kolestrol yang tinggi. Bila dibiarkan, seiring dengan waktu plak dapat memberi dampak negatif pada bagian jantung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penyakit jantung koroner di dalam pembuluh darah koronernya ada timbunan lemak yang namanya plak. Plak ateroma itu terjadi karena antara lain kadar kolestrol yang tinggi dan faktor yang lain. Plak ateroma itu kalau dia dindingnya robek terjadi serangan jantung dan kematian mendadak," ujarnya kepada Medcom.id dalam acara ASEAN Federation Cardiology Congress (AFCC) di ICE BSD, Sabtu, 21 September 2019.
 
Hal yang ingin dihindari adalah robeknya dinding pembuluh darah. Dengan mengonsumsi obat ini, risiko kerobekan bisa berkurang. "Dan kalau obat statin bisa membuat plak itu lebih kuat dan stabil sehingga tidak gampang robek," jelasnya.
 
Mengonsumsi statin juga bisa mengurangi plak yang ada dan mecegah mereka beredar di pembuluh darah lainnya.
 
"Selain itu dia juga mengurangi volume dari plak itu. Ketiga, mencegah timbunan plak di bagian pembuluh darah yang lain," jelasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif