Jika Anda mengalami kesulitan BAB saat berlibur, hal itu bisa terjadi karena beberapa alasan. (Foto: Pexels.com)
Jika Anda mengalami kesulitan BAB saat berlibur, hal itu bisa terjadi karena beberapa alasan. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Sulit BAB Saat Sedang Berlibur

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 13 Agustus 2019 06:00
Berada di negara lain dengan waktu yang berbeda bisa bikin metabolisme Anda juga sedikit banyak terganggu. Dr Niket Sonpal, ahli gastroenterologi dari Newyork mengatakan saat Anda berlibur, jam biologis ini mungkin akan terganggu. Anda mungkin mengalami jetlag, begadang, dan perubahan lainnya dan ini bisa mengganggu metabolisme.
 

 
Jakarta: Berlibur adalah waktunya Anda untuk bersantai, mengisi kembali energi, beristirahat, dan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang Anda sukai. Namun bagi sebagian orang, berlibur terutama ke tempat-tempat yang jauh dengan makanan yang berbeda bisa jadi menyebabkan gangguan pencernaan atau konstipasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan hal itu cukup sulit ditelusuri penyebabnya.
Jika Anda mengalami kesulitan BAB saat berlibur, hal itu bisa terjadi karena beberapa alasan seperti dilansir dari Bustle di bawah ini:

1. Pola makan saat berlibur

Dr Niket Sonpal, ahli gastroenterologi dari Newyork mengatakan, "Banyak orang yang ketika berlibur lupa menanyakan bahan-bahan yang digunakan pada makanan tertentu dan mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan tanpa mengetahui bagaiman proses pembuatan makanan tersebut."
 
"Anda bisa secara tidak sadar memakan bahan yang memicu alergi, atau tidak toleran terhadapnya." Ini dapat menyebabkan semuanya, mulai dari kram hingga diare dan sembelit.
 
Penyebab Sulit BAB Saat Sedang Berlibur
(Dr Niket Sonpal, ahli gastroenterologi dari Newyork mengatakan saat Anda berlibur, jam biologis ini mungkin akan terganggu. Anda mungkin mengalami jetlag, begadang, dan perubahan lainnya. Foto: Pexels.com)

2. Jam biologis Anda terganggu

Tubuh manusia memiliki jam internal sendiri, yang mengirimkan sinyal tentang kapan harus tidur, kapan harus bangun, kapan harus makan dan tentunya kapan harus buang air besar.
 
"Dan saat Anda berlibur, jam biologis ini mungkin akan terganggu," ujar Dr Sonpal. "Anda mungkin mengalami jetlag, begadang, dan perubahan lainnya dan ini bisa mengganggu metabolisme."

3. Mencoba minuman

Mengonsumsi minuman dengan bahan-bahan yang belum pernah dicoba. "Mengonsumsi minuman tradisional di tempat Anda berlibur mungkin akan sangat menggoda, tetapi dalam beberapa kasus itu bisa menyebabkan Anda berada dalam masalah," kata Dr Sonpal.
 
Hal ini karena cara pembuatan setiap minuman khas dari setiap daerah berbeda-beda. Salah satunya adalah susu. "Di beberapa negara, mungkin Anda terbiasa mengonsumsi susu yang sudah dipasteurisasi. Sedangkan di beberapa negara tidak." Produk susu diketahui menyebabkan sembelit pada beberapa orang.

4. Anda merasa cemas berada di tempat baru

Dr Lawrence Brandt, profesor gastroenterologi di Albert Einstein College of Medicine, menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama konstipasi bagi para pelancong bukanlah masalah fisik tetapi lebih kepada kegelisahan terhadap toilet di tempat yang tidak familiar.
 
"Banyak orang yang memiliki kebiasan rutin ketika di toilet dan saat berlibur kebiasaan tersebut tidak bisa dilakukan yang membuat kesulitan merasa nyaman untuk BAB."

5. Anda mengalami dehidrasi

Menurut Dr Sonpal, dehidrasi merupakan salah satu alasan umum dalam menyebabkan konstipasi. Anda mungkin terlalu asyik berjalan-jalan dan mengeksplor tempat liburan, atau terlalu fokus mengingat informasi mengenai tempat berlibur sehingga melupakan hidrasi tubuh Anda sampai Anda merasa sangat kehausan dan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan sembelit dan melambatnya pemecahan makanan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif