NEWSTICKER
Lansia membutuhkan asupan gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan juga gizi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral yang seimbang--Ilustrasi/Pexels
Lansia membutuhkan asupan gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan juga gizi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral yang seimbang--Ilustrasi/Pexels

Karbo, Protein, dan Lemak yang Dibutuhkan Lansia

Rona lansia
Kumara Anggita • 12 November 2019 14:10
Jakarta: Lansia membutuhkan asupan gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan juga gizi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral yang seimbang. Berikut penjelasan dari Dokter Spesialis Geriatri, Purwita Wijaya Laksmi.
 
Asupan karbohidrat
- 46-65 persen total kalori
- Utamakan konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi dan gandum
- Batasi asupan karbohidrat sederhana kurang dari 10 persen total kalori (-4 sendok)
 
Asupan protein
Kombinasikan antar asupan dari makanan dan minuman ditambah dengan aktivitas fisik yang cukup akan menjaga kesehatan otot pada lansia. Dokter Purwita menyebutkan bahwa lansia membutuhkan protein 30 persen lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Asupan protein yang memadai dibutuhkan untuk membantu mengurangi hilangnya masa otot dan meningkatkan mobilitas," jelasnya.
 
Fungsi protein
- Meningkatkan massa dan kekuatan otot
- Menjaga kesehatan dan fungsi otak
- Membentuk jaringan dan membantu proses pemulihan
- Membentuk dan mempertahankan kekuatan tulang
 
Asupan lemak
- Pemilihan lemak "baik" dalam asupan sehari-hari penting
- Lemak baik akan akan menurunkan tingkat peradangan
- Berkaitan dengan penyimpanan vitamin larut lemak (A, D, E, K).
 
Gizi seimbang kelompok pangan hewani perlu dikonsumsi bersama kelompok pangan lainnya setiap hari agar jumlah dan kualitas zat gizi yang dikonsumsi lebih baik dan sempurna.
 
Tak hanya itu, dibutuhkan pula prebiotik dan atau probiotik untuk membantu memulihkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi serat agar tehindar dari masalah pencernaan seperti sembelit.
 
Dokter Purwita juga menegaskan bahwa para lansia setiap kali makan harus tercukupi kebutuhan gizinya. "Bukan cuma kebutuhan harian tapi per kali makan juga dosisnya harus cukup," katanya.
 
Dari sekarang jagalah konsumsi makanan dan minuman. Pastikan gizi para lansia bisa terpenuhi agar kesehatan tubuh bisa terus terjaga.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif