Saat lapar, Anda pasti akan melahap makanan apapun yang ada di meja makan ataupun dapur. (Foto Ilustrasi: Rawpxel/Unsplash.com)
Saat lapar, Anda pasti akan melahap makanan apapun yang ada di meja makan ataupun dapur. (Foto Ilustrasi: Rawpxel/Unsplash.com)

Sushi, Makanan yang tak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

Rona kesehatan
Torie Natalova • 25 Desember 2018 17:10
Jakarta: Saat lapar, Anda pasti akan melahap makanan apapun yang ada di meja makan ataupun dapur. Sebaiknya, jangan langsung memilih makanan pedas saat perut kosong.

Menurut Lisa Ganjhu sang ahli pencernaan di NYU Langone Medical Center, mengisi perut kosong dengan makanan pedas akan memicu iritasi perut.

Sebagai gantinya, susu sangat baik untuk melapisi perut dan mengatasi rasa panas dari cabai. Jadi, cobalah minum susu atau makan yogurt sebelum makan makanan yang pedas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain makanan pedas yang dapat mengganggu pencernaan Anda ketika dikonsumsi, ada sederet makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika perut kosong. 1. Buah
Sebuah apel atau pir saja tidak akan menghilangkan rasa lapar. Meskipun gula dalam buah tersebut dicerna lebih lambat daripada gula dari permen. Buah saja tidak cukup mengenyangkan perut. Tambahkan protein yang dicerna perlahan dan menekan ghrelin, hormon kelaparan seperti buah dengan keju atau yogurt.

2. Makanan Ringan
Makanan ringan seperti keripik atau biskuit dibuat dengan karbohidrat sederhana yang dicerna paling cepat, kemudian membuat Anda lebih lapar setelahnya. Anda lebih baik makan dengan porsi sedikit demi sedikit dengan campuran karbohidrat dan protein.

3. Jeruk, Mint, dan Kafein
Makanan dan minuman tersebut membuat perut Anda menghasilkan asam yang dapat meyebabkan iritasi dan radang dinding lambung.

Masalah ini akan semakin besar ketika perut Anda kosong karena tidak ada makanan lain di sana untuk membuat penyangga antara asam dan lapisan perut.

4. Sushi
Makanan asal Jepang yang satu ini semakin banyak digemari orang Indonesia. Tetapi, kombinasi nasi putih dan kecap asin pada sushi sangat buruk untuk memuaskan perut yang kosong. Nasi akan menyebabkan tumbukan karena kekurangan serat dan kecap asin membuat Anda haus.

Ini akan mengacaukan otak dengan rasa haus dan lapar sehingga Anda akan makan yang berlebihan, padahal yang sebenarnya tubuh butuhkan adalah air. Saat perut kosong, Anda bisa memulai makanan dengan salad atau sepiring edamame dan rumput laut.

Cegah Stunting, Kenali Penyebabnya (1)



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi