Pelukan Bantu Redakan Emosi Negatif
(Foto: Reader Digest)
Jakarta: Berpelukan dapat memberikan rasa nyaman. Lebih dari itu, berpelukan dengan orang yang Anda sayang bisa meningkatkan kesehatan mental. 

Penelitian yang diterbitkan Jurnal Plos One menyebutkan bahwa pelukan dapat meningkatkan perasaan positif dan mengurangi perasaan negatif ketika seseorang mengalami masalah.

"Perilaku yang sangat sederhana dan lugas, seperti dengan memeluk mungkin menjadi cara yang efektif untuk mendukung pria dan wanita yang mengalami konflik dalam hubungan mereka," ujar salah satu penulis studi tersebut Michael Murphy, peneliti pasca-doktoral di Carnegie Mellon University's Laboratory untuk Study of Stress, Immunity and Disease. 


Untuk penelitian tersebut, Murphy dan rekannya mewawancarai 404 orang dewasa melalui telepon setiap malam selama dua minggu.

Setiap orang ditanya tentang suasana hati mereka, apakah mereka pernah mengalami konflik dan apakah setelahnya mereka menerima pelukan hari itu. Setiap orang juga menjalani pemeriksaan fisik dan mengisi kuesioner tentang kesehatan dan hubungan sosial mereka di awal penelitian. 

Para peneliti menemukan bahwa berpelukan dapat meningkatkan suasana hati positif dan mengurangi suasana hati negatif. Penelitian juga menunjukkan bahwa sentuhan fisik dapat mendorong perubahan fisiologis yang menguntungkan, seperti pengurangan stres yang berhubungan dengan otak dan aktivitas jantung dan pelepasan hormon oksitosin yang membuat suasana hati lebih baik.








(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id