Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi morning person. (Foto: Gades Photography/Unsplash.com)
Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi morning person. (Foto: Gades Photography/Unsplash.com)

Tips Supaya Anda Bisa Menjadi 'Morning Person'

Rona tips & trik
Kumara Anggita • 18 Januari 2019 08:00
Jakarta: Jika Anda tidak bisa fokus dan merasa malas atau tidak bersemangat setiap pagi, bisa jadi Anda bukanlah 'morning person'. Kabar baiknya, ada tips-tips yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi perasaan tersebut. Cara berikut ini bisa Anda lakukan.
 
1. Tidur yang cukup
Alasan paling sering terdengar ketika orang yang malas melakukan aktivitas di pagi hari adalah kurang tidur. Menurut polling yang dilakukan oleh National Sleep Foundatiopm International Bedroom, 56 persen orang berumur 25 hingga 55 tahun dilaporkan tidak mendapatkan tidur yang cukup selama seminggu. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapat tidur yang cukup dan nyenyak di malam hari.
 
(Baca juga: Empat Kelebihan Para Morning Person)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Pergi keluar secepatnya 
Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan setelah bangun adalah keluar, carilah tempat bercahaya. Anda bisa berolahrga, berjalan santai, atau menikmati pemandangan sejenak. 
 
Para peneliti Aerobik di Universitas Vermont di Burlington menemukan bahwa latihan aerobik dengan intensitas sedang akan memperbaiki suasana hati selama 12 jam.
 
Tips Supaya Anda Bisa Menjadi <i>'Morning</i> <i>Person'</i>
(Lakukan hal yang Anda senangi di pagi hari. Seperti menyetel musik kesukaan Anda, minum kopi, dan sarapan roti hangat. Ini akan membuat Anda bersemangat di pagi hari. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)
 
3. Gunakan pagi Anda untuk hal-hal yang menyenangkan
Cara paling mudah untuk membuat Anda menjadi morning person adalah dengan menyelipkan kegiatan atau sesuatu yang membuat hati Anda senang.
 
Anda bisa memulainya dengan menonton acara yang Anda gemari, sarapan makanan kesukaan, atau lari pagi sekaligus menikmati suasana pagi.
 
4. Jangan gunakan handphone Anda sebagai alarm
Fitur 'Tunda' pada handphone Anda memang terkesan begitu berguna bagi kehidupan, namun ternyata fitur ini sesungguhnya berbahaya bagi Anda yang ingin bangun pagi. 
 
Dokter tidur mengatakan, ketika alarm berbunyi lagi 8 atau 10 menit kemudian, Anda berada di awal siklus tidur baru yang merupakan cara terburuk untuk bangun.
 
Oleh karena itu, jangan tekan tombol 'tunda' pada Handphone Anda agar badan tidak mengalami kebingungan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif