Hindari Stres dengan Cara Detoks Digital (Foto: gettyimages)
Hindari Stres dengan Cara Detoks Digital (Foto: gettyimages)

Hindari Stres dengan Cara Detoks Digital

Rona stres
Torie Natalova • 19 Januari 2019 10:00
Jakarta: Banyak penelitian mengatakan masyarakat masa kini lebih tertekan dari sebelumnya, dan ini berhubungan dekat dengan pemakaian ponsel pintar. Ada penelitian yang membuktikan korelasi kuat antara ponsel pintar atau gawai, media sosial dan depresi.
 
Menurut pakar kesehatan mental Pablo Vandenabeele, kemajuan teknologi telah menciptakan budaya baru di mana orang-orang diharapkan menelepon dan menanggapi email setiap saat. Ini berdampak pada keseimbangan kehidupan kerja yang dapat mempengaruhi kesejahteraan fisik dan mental.
 
Media sosial juga mendorong orang untuk merasakan kebutuhan tetap terhubung. Ini seringkali membuat orang merasa cemas ketika mereka terputus dari percakapan online atau informasi instan yang ada di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebenarnya, ada empat cara untuk Anda dapat menerapkan "detoksifikasi digital" ke dalam kehidupan sehari-hari.
 
1. Tinggalkan ponsel
Anda pasti sering memeriksa ponsel ketika menonton televisi atau saat makan malam dengan teman dan keluarga. Cobalah simpan ponsel di ruangan lain sehingga Anda sepenuhnya mengikuti acara saat itu.
 
2. Matikan notifikasi
Saat ponsel pintar atau gawai Anda mengeluarkan notifikasi dari media sosial atau email, ini akan membuat Anda tertarik untuk melihatnya dan memutus pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Jangan biarkan godaan itu ada, matikan notifikasi pemberitahuan agar tidak mengganggu.
 
3. Bawa buku bacaan
Saat menunggu sesuatu, Anda pasti lebih memilih melihat gawai. Coba kegiatan lain saat menunggu seperti membaca buku.
 
4. Jangan bawa ponsel saat tidur
Gawai Anda memancarkan cahaya biru yang menekan melatonin yaitu hormon tidur alami tubuh. Ini dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Jauhkan ponsel dari jangkauan agar tidak tergoda menatapnya lagi saat mulai mengantuk.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi