Lima Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan
Manuka membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dengan meningkatkan pertumbuhan probiotik, bakteri baik dalam usus. (Foto: Tania Fernandez/Unsplash.com)
Jakarta: Madu sudah dikenal memiliki banyak manfaat tak hanya untuk menciptakan rasa manis pada makanan, tapi juga untuk meredakan sakit tenggorokan hingga melembapkan kulit.

Meski semua madu memiliki manfaat yang sama, tapi ada satu jenis madu yang paling menonjol diantara lainnya yakni madu manuka. Manuka berasal dari lebah yang menyerbuk tanaman manuka, tanaman dari Selandia Baru dan Australia bagian timur.

Bunga manuka menghasilkan nektar yang memiliki senyawa unik termasuk methylglyoxal, yang dikenal dengan sifat antibakterinya. Madu ini dikenal memiliki banyak khasiat dan berikut beberapa diantaranya.


1. Menyembuhkan luka
Madu manuka dapat mengobati luka dari ringan hingga berat, membersihkan infeksi, bahkan tukak. Semua madu memiliki antioksidan, sifat anti peradangan dan senyawa antibakteri.

Bahkan, sebuah studi menemukan madu dapat menyembuhkan luka bakar tertentu lebih cepat daripada obat.

(Baca juga: Selain Menyembuhkan Jerawat, Madu Punya 6 Khasiat Ini)


(Meski semua madu memiliki manfaat yang sama, tapi ada satu jenis madu yang paling menonjol diantara lainnya yakni madu manuka. Foto: Lindsay Moe/Unsplash.com)

2. Meringankan hidung tersumbat
Madu manuka sama efektifnya dengan alat pereda gejala rinosinusitis kronis. Manuka dipercaya dapat menipiskan lendir sehingga membuatnya lebih mudah mengeluarkan lendir yang tebal.

3. Membantu mengatasi jerawat
Salah satu penyebab utama jerawat adalah pertumbuhan berlebih dari bakteri kulit yang diam di pori-pori tersumbat dan berkembang biak.

Menggunakan madu pada kulit adalah salah satu cara mengontrol pertumbuhan bakteri karena madu mengandung antioksidan dan antibakteri.

4. Meningkatkan kesehatan usus
Manuka membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dengan meningkatkan pertumbuhan probiotik, bakteri baik dalam usus. Selain itu, manuka juga dapat menurunkan pertumbuhan patogen seperti E coli.

5. Memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari gula putih
Manuka berada di peringkat 54-59 pada indeksi glikemik. Peringkat indeks glikemik adalah ukuran seberapa banyak makanan yang mengandung karbohidrat memacu gula darah. Sedangkan indeks glikemik gula putih memiliki peringkat sekitar 65.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id