Empat Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun di Musim Hujan

Raka Lestari 31 Oktober 2018 08:42 WIB
kesehatan
Empat Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun di Musim Hujan
Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun Anda di musim hujan. (Foto: Elijah O'Donnell/Unsplash.com)
Jakarta: Cuaca yang berubah-ubah terkadang memang bisa membuat kesehatan Anda menurun. Terutama jika tidak melakukan pola hidup yang sehat, yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda secara langsung.

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun Anda.

1. Menggosokkan minyak lavender di tangan Anda
Minyak lavender diketahui memiliki banyak manfaat, selain wanginya yang dapat membuat rileks. "Menggosokkan minyak lavender di tangan Anda, dan menciumnya dan menghirupnya melalui hidung dan mulut Anda."


"Ini benar-benar dapat membantu memperlambat penyebaran pilek dan flu," ujar Amy Leigh Mercree, seorang ahli kesehatan herbal. Sifat antimikroba dari lavender dapat membantu Anda terhindar dari cuaca dingin dan bebas stres. 

(Baca juga: 5 Rempah Pencegah Penyakit di Musim Hujan)

2. Berkumur dengan bahan-bahan herbal
Menurut Mercree, mulut merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan Anda. "Gunakan campuran minyak kulit kayu manis, minyak cengkeh, minyak lemon, minyak daun kayu manis, minyak rosemary, dan minyak kayu putih. Campuran itu adalah antivirus, antibakteri, antimikroba, dan anti-jamur." 

Campuran ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. "Anda dapat menggunakan 10 tetes campuran minyak tersebut dan menyimpannya dalam botol semprot kemudian menggunakannya di mulut Anda secara berkala untuk membantu mengekang penyebaran kuman," katanya. 

3. Meminum sari cuka apel
"Minum 1/2 hingga satu sendok teh cuka sari apel dicampurkan dengan minimal delapan ons air setiap pagi dapat membantu mengoptimalkan keseimbangan asam dan basa Anda, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh yang sehat," Mercree menjelaskan. 

"Tapi ingat, jangan pernah minum cuka sari apel murni," katanya kepada Elite Daily. "Ini adalah asam kuat, asam asetat tepatnya, dan dapat merusak enamel pada gigi Anda."

4. Menggunakan minyak oregano di kaki
Mercree mengatakan bahwa jika Anda merasa pilek dan tidak enak badan, Anda dapat menggunakan minyak oregano di bagian bawah kaki Anda dan membiarkannya. 

"Kemudian Anda bisa tidur agar minyak antibakteri dan antiviral yang sangat kuat ini bekerja dengan Anda secara intra-dermal dan dapat  menghilangkan gejala pilek dan demam Anda," Mercree menjelaskan.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id