Ibu hamil masih boleh mengonsumsi makanan mentah, seperti sushi atau sashimi selama kehamilan. (Foto Ilustrasi: Antonette/Pexels)
Ibu hamil masih boleh mengonsumsi makanan mentah, seperti sushi atau sashimi selama kehamilan. (Foto Ilustrasi: Antonette/Pexels)

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Sushi?

Rona kehamilan
Raka Lestari • 27 Juni 2019 11:34
Bagi ibu hamil, tak ada larangan untuk mengonsumsi makanan mentah yang berasal dari laut. Justru yang harus diwaspadai adalah memakan sayuran atau daging yang masih mentah dan belum menjalani proses pencucian.
 
Jakarta:
Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi semua perempuan, khususnya kehamilan pertama. Namun, ada banyak informasi yang selama ini sering membuat bingung para perempuan seputar kehamilan mereka.
 
Tidak hanya tentang pengetahuan dasar kehamilan, seperti kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang janin, banyak juga mitos seputar kehamilan yang sering menjadi sumber kebingungan para calon ibu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu mitos yang beredar adalah informasi bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan mentah. Seperti sushi atau sashimi.
 
Namun apakah hal tersebut benar adanya? Dr. Ardiansyah Dara, Sp.OG., M.Kes, menjelaskan bahwa ibu hamil masih boleh mengonsumsi makanan mentah, seperti sushi atau sashimi selama kehamilan.
 
"Jadi yang harus diwaspadai adalah makanan mentah yang mungkin terpapar dengan parasite toksoplasma, yang bisa saja berasal dari kotoran kucing. Hal itulah yang harus diperhatikan, dan memang pada umumnya berasal dari makanan yang berada di darat," ujar pria yang akrab disapa Dr. Dara ini.
 
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Sushi?
Dr. Dara (paling kiri) saat menghadiri acara peluncuran buku 'Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting tanpa Galau' di Matraman, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Lebih jelas, Dr. Dara mengatakan bahwa seafood atau makanan-makanan laut, serta sushi dan sashimi mungkin saja terkena paparan parasit toksoplasma. Namun kemungkinannya lebih kecil dibandingkan makanan yang ada di darat, seperti daging-dagingan atau sayuran mentah.
 
"Kita tahu bahwa makanan-makanan laut seperti salmon itu justru sumber makanan yang bagus karena proteinnya tinggi dan itu bagus untuk orang hamil," sambungnya.
 
Justru yang harus diwaspadai, menurut Dr. Dara, adalah makanan mentah seperti karedok dan lalapan. Sebab itu merupakan sayuran mentah.
 
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Sushi?
 
"Sedangkan kalau gado-gado itu aman karena gado-gado dimasak terlebih dahulu. Atau misalnya juga lalapan, itu juga ibu hamil harus mengonsumsinya dengan hati-hati," jelas Dr. Dara.
 
Sekalipun ingin mengonsumsi makanan mentah seperti sayuran atau daging, ada baiknya untuk dicuci terlebih dulu sebelum mengonsumsinya.
 
"Nah, itu yang sulit ya. Meskipun sudah dicuci, biasanya kan dicuci pakai air doang dan tidak menggunakan sabun. Contohnya adalah kol yang terpapar toksoplasma, apakah jika dicuci akan langsung bersih? Itu kan tidak ada yang bisa menjamin," terangnya.
 
Untuk itu, Dr. Dara menyarankan kepada ibu hamil, sebaiknya jika mengonsumsi sumber makanan yang berasal dari darat tidak dalam kondisi masih mentah. Meskipun memang, ia mengatakan bahwa tidak semua bahan makanan mentah yang berasal dari darat terkena paparan toksoplasma.
 
Pentingnya Nutrisi dalam Masa Pra Kehamilan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif