Ahli gizi selebriti Luke Coutinho punya jawaban supaya Anda tak sulit bangun pagi. (Foto: Pexels.com)
Ahli gizi selebriti Luke Coutinho punya jawaban supaya Anda tak sulit bangun pagi. (Foto: Pexels.com)

Kenapa Sulit Bangun Pagi?

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 17 Juni 2019 11:00
Ada yang mengatakan bahwa buatlah badan lelah supaya cepat tidur salah satunya dengan berolahraga. Tapi anggapan tersebut salah. Menurut ahli gizi selebriti Luke Coutinho berolahraga pada malam hari justru membikin ritme sirkadian (siklus tidur) seseorang menjadi terganggu. Menurutnya cara yang baik adalah jangan menyentuh ponsel Anda sebelum tidur dan rencanakan hal-hal baik di depan Anda dan lihat perubahannya.
 

Jakarta: Bangun pagi barangkali menjadi sebuah mimpi buruk bagi sebagian orang. Meski alarm pagi sudah berdering nyaring, namun tak jua mempan membelalakkan mata.
 
Ketika terbangun, jam sudah menunjukkan waktu masuk kantor. Alhasil permintaan maaf atas keterlambatan nongkrong di kotak pesan telepon genggam atasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertanyaannya, mengapa kebanyakan dari kita mengalami kesulitan bangun di pagi hari? Jawaban sederhana-seperti yang Anda duga, ya adalah karena tidur larut malam.
 
Dari alasan itu, ahli gizi selebriti, Luke Coutinho, punya jawaban mengapa banyak orang kesulitan untuk tidur lebih awal. Dia membagikannya dalam tiga alasan utama.
 
Kenapa Sulit Bangun Pagi?
(Agar tak sulit bangun pagi, salah satu caranya habiskan saja waktu sebelum tidur itu dengan merencanakan hal-hal baik di depan Anda dan lihat perubahannya. Foto: Pexels.com)

1. Berolahraga sebelum tidur

Banyak dari kita berolahraga di malam hari agar bisa bangun tepat waktu di pagi hari. Sebab, olahraga dipercaya membuat orang tidur lebih cepat.
 
Sayangnya, pandangan ini tidak tepat sasaran. Menurut Coutinho, berolahraga pada malam hari justru memiliki efek buruk bagi beberapa orang.
 
Menurutnya olahraga justru membikin ritme sirkadian (siklus tidur) seseorang menjadi terganggu. Bukannya terlelap, olahraga justru bikin tubuh tetap terjaga hingga larut malam.

2. Makan malam satu jam sebelum tidur

Makan malam sebelum tidur juga bisa bikin seseorang sulit tidur. Dengan kata lain, kebiasaan ini justru membuat tubuh Anda stres. Stres terjadi dikarenakan tubuh memiliki makanan yang tidak tercerna. Alih-alih beristirahat, tubuh malahan akan berusaha mencerna makanan itu.
 
Jadi jika Anda tetap ingin makan malam usahakan untuk makan setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur, khususnya bagi para vegetarian. Sebaliknya, Anda dianjurkan jika makan empat hingga lima jam sebelum tidur jika Anda non-vegetarian.
 
"Karena daging yang berbeda membutuhkan waktu yang berbeda untuk dicerna," ujar Coutinho, dikutip Times of India.

3. Tidak berpikir positif sebelum tidur

Tidak dalam pikiran positif, menurut Coutinho bisa menjadi penyebab Anda kesulitan tidur. Dia mencontohkan kasus ini pada pikiran masa manak-anak.
 
Katanya, anak-anak seringkali sulit dibangunkan ketika hendak bersekolah. Namun mereka akan bersedia tidur lebih awal ketika waktu libur tiba. "Hal ini terjadi karena mereka tidur dengan pola pikir positif dan sesuatu yang dinanti-nantikan," ungkap dia.
 
Untuk itu, kata Coutinho, belajarlah dari cara tersebut. Dia menyarankan untuk meluangkan waktu 15 menit sebelum tidur untuk merencanakan hari esok dengan kegiatan dan pikirkan yang membuat Anda bersemangat.
 
"Jangan menyentuh ponsel Anda sebelum tidur. Habiskan saja waktu sebelum tidur itu dengan merencanakan hal-hal baik di depan dan Anda akan melihat perubahannya," tandas dia.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif