NEWSTICKER
Anda tidak perlu untuk mengubah rencana proses kelahiran saat sedang terjadi pandemi covid-19 seperti sekarang ini. (Foto: Pexels.com)
Anda tidak perlu untuk mengubah rencana proses kelahiran saat sedang terjadi pandemi covid-19 seperti sekarang ini. (Foto: Pexels.com)

Hal yang Perlu Ibu Hamil Ketahui Saat Pandemi Covid-19

Rona Virus Korona kehamilan
Raka Lestari • 25 Maret 2020 13:43
Jakarta: Wanita hamil mungkin merasa lebih khawatir di tengah-tengah pandemi covid-19 yang sedang merebak di berbagai negara di dunia ini.
 
Pertanyaan-pertanyaan mengenai keselamatan dan kesehatan bayi, terutama jika sudah mendekati waktu kelahiran di tengah-tengah wabah covid-19 ini tentu membuat para wanita hamil merasa kebingungan. 
 
Agar tidak merasa khawatir, berikut ini adalah beberapa informasi yang perlu diketahui oleh para wanita hamil di tengah pandemi covid-19 ini seperti dilansir dari Health: 

1. Apakah wanita hamil perlu melahirkan di rumah? 

Taraneh Shirazian, MD, seorang ginekolog di NYU Langone mengatakan, “Laporan mengenai operasi yang tidak mendesak memang meningkat selama pandemi covid-19 ini, tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir jika belum mendekati waktu kelahiran,” ujarnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kehamilan dianggap sebagai layanan yang mendesak. Oleh karena itu layanan rumah sakit terhadap kehamilan tidak mungkin dihentikan. Apalagi jika harus ditunda ketika harus melakukan operasi untuk proses kelahiran,” ujar Dr Shirazian. 
 
Untuk itu, Anda tidak perlu untuk mengubah rencana proses kelahiran dan mempertimbangkan untuk melakukan persalinan di rumah jika memang Anda sudah memiliki rencana melahirkan di rumah sakit. 
 
Menurut Dr Shirazian, mengubah rencana kelahiran yang sudah ditentukan justru akan membahayakan karena ada banyak kemungkinan yang tidak bisa ditangani sendiri ketika melahirkan di rumah. 

2. Apakah tetap harus melakukan pengecekan ke dokter?

Edward Chien, MD, yang bekerja di bidang kebidanan dan kandungan di Cleveland Clinic menjelaskan bahwa pengecekan kehamilan, terutama pada awal kehamilan pada umumnya hanyalah penjelasan mengenai apa yang harus dilakukan wanita hamil dan hal tersebut boleh-boleh saja jika dilakukan melalui telepon. 
 
Dr Shirazian juga menekankan bahwa mengganti jadwal bertemu dengan dokter kandungan diperbolehkan melalui telepon atau media lain selama Anda tidak butuh melakukan tes atau pemeriksaan USG pada pemeriksaan tersebut, mengingat bepergian ke luar rumah bisa meningkatkan risiko terpapar covid-19 ketika berada di ruang publik. 
 
Akan tetapi, Dr Shirazian juga menekankan bahwa jika memang wanita hamil memiliki keluhan, maka sebaiknya tetap melakukan pengecekan langsung ke dokter. 
 
“Anda tidak boleh membatalkan pemeriksaan yang diperlukan karena pandemi saat ini. Sangat penting bagi pasien pada trimester ketiga untuk melakukan pemeriksaan secara intensif,” tutupnya. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif