Tiga pertanyaan ini bisa membedakan antara alergi dan infeksi covid-19 pada anak. (Foto: Pexels.com)
Tiga pertanyaan ini bisa membedakan antara alergi dan infeksi covid-19 pada anak. (Foto: Pexels.com)

Beda Alergi dan Infeksi Covid-19 pada Anak

Rona kesehatan anak perkembangan anak
Kumara Anggita • 29 Juni 2020 10:00
Jakarta: Covid-19 membuat banyak dari kita jadi paranoia. Dan paranoia ini semakin dirasakan oleh para orang tua dengan melihat data terakhir terpublikasi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menunjukkan, kasus anak yang terkonfirmasi positif di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. 
 
Padahal gejala-gejala yang ditunjukkan anak seperti pilek, batuk, atau demam bisa saja merupakan sebuah alergi. Untuk membedakannya menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA (k), M.Kes alergi adalah respons sistem imun yang tidak normal. Tubuh mengenali bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain.
 
Alergen (pencetus alergi) bisa dalam bentuk makanan atau yang terhirup. Makanan yang umumnya bikin alergi adalah susus sapi, makanan laut, kacang tanah, tree nuts, gandum, telur, ikan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara alergen dalam bentuk sesuatu terhirup adalah tungau debu rumah, serbuk sari tanaman, kecoak, serpihan kulit binatang, dan jamur kapang.
 
Menurut data UKK Alergi Imunologi, ada tiga pertanyaan yang bisa Anda ajukan ketika galau membedakan antara infeksi dan alergi antara lain:

1. Apakah disertai demam? “Alergi biasanya tidak ada demam,” ujar Prof. Budi dalam Webinar dengan tema Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju: Tanggap Alergi di Masa Pandemi untuk Generasi Maju.

2. Apakah saat siang lebih dominan dibandingkan pagi atau malam? “Kalau infeksi kejadian batuk pileknya bisa terjadi sepanjang hari. Sedangkan alergi, terutama muncul pada malam hari,” paparnya.
 
3. Apakah dahak atau ingus kental atau berwarna? “Apabila dahak ingus keluar. Pada infeksi biasanya dahak dan ingusnya kental dan berwarna, sedangkan alergi biasanya encer dan bening,” jelasnya. Bila salah satu dijawab iya mungkin Anda terinfeksi, bila semua dijawab tidak mungkin yang Anda alami adalah alergi.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif