Lima Makanan Terbaik untuk Kesehatan Pencernaan
(Foto: Medical Daily)
Jakarta: Salah satu cara agar pencernaan tetap sehat adalah dengan memperbanyak asupan serat. Ada banyak sekali jenis-jenis buah dan sayuran yang dapat membantu Anda melancarkan pencernaan.

Namun, makanan di bawah ini yang paling baik untuk melancarkan pencernaan Anda, dikutip dari Reader Digest.

1. Semangka


Semangka merupakan salah satu buah yang kaya kandungan air sehingga efektif untuk melancarkan pencernaan.

"99 persen kandungan dari semangka adalah air, sehingga semangka merupakan pilihan yang tepat untuk membantu melancarkan pencernaan," ujar Libby Mills, MS, RDN, LDN, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics. Air yang terdapat dalam semangka membantu menjaga makanan yang Anda makan bergerak melalui usus sehingga mudah dikeluarkan.

2. Yogurt

Yogurt dan kefir mengandung probiotik, yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus yang sehat. Probiotik adalah mikroorganisme kecil yang memecah serat.

"Dengan mengonsumsi probiotik, akan ada lebih banyak mikroba yang 'memakan' serat dalam usus sehingga pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar," ujar Mills.

3. Chia dan flaxseeds

Mencampurkan yogurt atau oatmeal dengan chia atau flaxseeds merupakan salah satu cara untuk melancarkan pencernaan. Biji-biji ini super tinggi serat, yang membantu menormalkan pencernaan Anda,  serta sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang berperan dalam mengurangi peradangan.

"Selain membantu mengatasi peradangan pada usus, jika Anda memiliki masalah seperti wasir maka makanan-makanan ini mungkin bisa membantu," kata Mills.

4. Brokoli dan bunga kol

Brokoli dan bunga kol atau cauliflower memiliki kandungan serat larut dan tidak larut yang dapat membantu memadatkan kotoran saat Anda mengalami diare, melumasi usus besar agar membantu melancarkan pencernaan, dapat bermanfaat pula bagi kesehatan usus besar, kata Mills.

5. Jeruk

Berbagai jenis jeruk seperti grapefruit, lemon, jeruk nipis, dan jeruk-jeruk lainnya tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi perut kembung, tetapi juga memiliki jumlah pektin yang cukup tinggi yang berguna untuk merangsang usus.

"Apapun yang mengandung banyak air bagus untuk melancarkan pencernaan," ujar Mills.


Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id