banner
Cara Mudah Atasi Dengkuran Saat Tidur
Tertidur dengan keadaan telentang dapat mendorong lidah ke ke belakang dapat membuat suara yang nyaring. Untuk itu ubahlah posisi tidur Anda miring ke kiri atau ke kanan. (Foto: Pixabay.com)
Jakarta: Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Women's Health, American Sleep Association, dan Thrive Global, pada 2017, 67 persen respondennya mengatakan bahwa suara yang tidak diinginkan secara teratur saat tidur membuat mereka terjaga.

Berdasarkan data, pria yang mendengkur memiliki intensitas suara mencapai 90 desibel, sekeras blender makanan! Para audiolog (ahli ilmu pendengaran) mengatakan bahwa semakin lama Anda mendengar suara berkekuatan di atas 85 desibel, semakin parah kerusakan pada indera pendengaran Anda. Semakin nyaring suaranya, semakin cepat telinga Anda rusak.

Demi menjaga ketenangan pasangan sekaligus terhindar dari bahaya-bahaya tersebut, Anda harus segera menanggulangi kebiasaan buruk ini.


Untuk menanganinya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek di mana suara ngorok tersebut berasal, apakah dari hidung atau mulut. Seperti dilansir dari Womenshealthmag.com, berikut ini informasi lebih lengkapnya.


(Tertidur dengan keadaan telentang dapat mendorong lidah ke ke belakang dapat membuat suara yang nyaring. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Jangan Lakukan Ini ketika Sulit Tidur)

1. Dari hidung (disebabkan oleh kemacetan, saluran hidung tersumbat, atau septum yang menyimpang)

Cara menangani:

· Semprotan dekongestan: Dekongestan adalah suatu jenis obat yang dapat memberikan efek melegakakan hidung tersumbat hanya dalam jangka waktu yang pendek. Dekongestan dapat digunakan untuk meringankan gejala hidung tersumbat.

Hal tersebut dapat mengecilkan pembuluh darah yang sesak, membiarkan udara mengalir melalui bagian yang tersumbat dengan cepat. (Namun, terlalu sering menggunakan dekongestan dapat menyebabkan sinusitis kronis, jadi jangan menyemprot lebih dari lima hari berturut-turut.)

· Cuci hidung dengan air garam: Dengkuran yang disebabkan oleh hidung tersumbat bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka. Sehingga bisa melancarkan peredaran udara.

Anda bisa mencuci hidung dengan larutan air garam, layaknya menangani sinusitis secara alami di rumah. Atau bisa juga dengan cara mudah, yaitu mandi air hangat sebelum tidur.

2. Mulut (disebabkan saat lidah mengendur ke tenggorokan)

Cara menangani:

· Ubah posisi tidur: Karena tertidur dengan keadaan telentang dapat mendorong lidah ke ke belakang, dan membuat suara yang nyaring. Demi menjaga ketenangan pasangan sekaligus terhindar dari bahaya-bahaya tersebut, Anda harus segera menanggulangi kebiasaan buruk ini. Tapi sebaiknya hindari obat-obatan yang diklaim bisa mengatasi dengkuran karena produk tersebut belum teruji efektif secara medis. 

Lebih baik tanggulangi dengan cara-cara alami dan mudah seperti menaruh bola tenis atau apa pun di kasur yang bisa membuat punggung terasa tidak nyaman ketika dibaringkan. Otomatis, ketidaknyamanan terebut akan membuat Anda memilih untuk tidur dengan posisi menyamping.

· Banyak minum air putih: Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung menjadi kental dan lengket. Hal tersebutlah yang membuat Anda mendengkur. Oleh karenanya perbanyaklah minum air putih.

Bagi wanita, idealnya minumlah air 11 gelas sehari, sementara pria sebanyak 16 gelas. Namun ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis tidur untuk mendapatkan hasil yang komprehensif.









(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360