(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Kebiasaan Bercinta Pengaruhi Kesehatan Mulut

Rona seks dan kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 14 Januari 2018 11:49
Jakarta: Jangan kaget ketika dokter gigi bertanya tentang kehidupan seks Anda. Para ahli kini sedang menganalisis apakah seks oral berpengaruh besar terhadap kesehatan mulut.

Hal ini berkaitan dengan risiko kanker tenggorokan dan mulut yang berhubungan dengan virus human papillomavirus (HPV) yang bisa ditularkan melalui aktivitas seksual.

HVP umumnya ditularkan pada mulut dan tenggorokan melalui seks oral. Infeksi tersebut menyebabkan 70 persen kanker di belakang tenggorokan, dasar lidah, atau amandel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Mengingat peningkatan yang mengkhawatirkan dari kanker orofaring HPV, dokter gigi dan ahli kebersihan gigi merupakan agen kunci untuk mempromosikan pencegahan HPV," ujar profesor Kesehatan Masyarakat Universitas Florida Selatan Ellen Daley, Ph.D seperti dilansir dari Foxnews. Dalley menemukan bahwa kebanyakan dokter gigir gagal mendiskusikan metode pencegahan HPV dengan pasien mereka.

"Dokter gigi dan kebersihan mulut adalah cara yang dipersiapkan untuk pencegahan kanker orofaring terkait HPV, dan penelitian kami menunjukkan bahwa mereka bersedia dan bersemangat untuk menjadi mitra dalam pencegahan penyakit mengerikan ini," tambah Daley.

Ia juga menyarankan agar dokter gigi diberikan instruksi untuk berbicara pada pasien tentang tindakan pencegahan.

"Seperti topik sensitif baru lainnya yang menjadi bagian dari praktik perawatan kesehatan, dokter gigi dan ahli kebersihan gigi membutuhkan keterampilan untuk dapat berbicara dengan pasien mereka, atau orang tua pasien, tentang hal itu," terangnya.

Beberapa diantaranya adalah vaksin HPV dan pemeriksaan skrining oral secara rutin.

Lihat video:




(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi