Jauhkan pikiran negatif jika Anda ingin menjadi perempuan yang bermental kuat (Foto Ilustrasi: You X Ventures/Unsplash)
Jauhkan pikiran negatif jika Anda ingin menjadi perempuan yang bermental kuat (Foto Ilustrasi: You X Ventures/Unsplash)

Ciri-ciri Perempuan Bermental Kuat

Rona psikologi
Kumara Anggita • 15 April 2019 15:35
Jakarta: Dalam buku berjudul Things Strong mental Women Don't Do, terdapat kebiasaan-kebiasaan buruk, harapan budaya, tekanan masyarakat, pola asuh tidak sehat yang membuat perempuan jadi memiliki mental yang lemah.
 
Menyadari kebiasaan tidak baik tersebut merupakan cara pertama untuk membentuk mental perempuan menjadi lebih kuat. Berikut tanda-tanda perempuan dengan mental yang kuat yang dilansir Psychology Today.

-Tidak membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Melihat seseorang memiliki hidup yang gemilang di sosial media memang menjadi kegiatan yang menarik. Namun di balik itu, kegiatan tersebut justru dapat mengecilkan diri Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan waktu Anda untuk fokus pada tujuan-tujuan positif.

-Tidak menuntut kesempurnaan

Menuntut kesempurnaan akan memberi tekanan pada hidup. Alhasil hal tersebut tidak membangun Anda, justru malah dapat mengganggu kinerja Anda. Baiknya Anda menetapkan harapan yang tinggi, namun sesuai dengan kapasitas Anda.

-Tidak melihat kerentanan sebagai syatu kelemahan

Walaupun kuat, dalam keadaan lemah perempuan dengan mental yang kuat juga mengakui kelemahannya dan mau meminta bantuan saat memnutuhkan. Anda tidaklah malu atau berat hati akan situasi ini.

-Tidak ragu dalam mencapai tujuan

Normal saja bila Anda terkadang memiliki pikiran-pikiran bahwa Anda tidak cukup untuk mendapatkan sesuatu. Namun, yang terpenting adalah pikiran-pikiran tersebut tidak mendominasi kepala Anda dan menghambat tujuan Anda.

-Tidak berpikir berlebihan

Memikirkan sesuatu secara berlebihan dapat merugikan kesehatan psikologis Anda. Daripada buang-buang energi, lebih baik Anda fokus pada pemecahan masalah dan melakukan tindakan produktif.

-Tidak malu terhaap tantangan sulit

Perempuan biasanya enggan menerima tantangan yang sulit seperti menduduki posisi kepemimpinan atau membahas topik yang tidak nyaman. Hal yang perlu dilakukan adalah menghadapinya satu demi satu, sehingga kepercayaan diri itu bisa muncul.

-Tidak takut melanggar aturan

Semua orang selalu diajarkan untuk bersikap sopan dan santun. Tapi kalau Anda perhatikan, orang-orang yang mengubah dunia adalah orang yang melanggar aturan.

-Tidak merendahkan orang lain untuk meninggikan diri

Hal yang paling mudah untuk membuat diri Anda terlihat besar adalah dengan tidak merendahkan orang lain. Bila Anda mampu untuk mengakui kesuksesan seseorang dan sungguh merasa senang akan situasi tersebut, artinya Anda adalah orang yang sungguh bermental kuat.

Baca juga: Ciri-ciri Skizofrenia yang Perlu Diketahui

-Tidak mengizinkan orang lain untuk membatasi potensi diri

Sebaik apapun Anda, pasti ada saja orang yang ingin menjatuhkan Anda. Untuk itu jangan mau terbawa. Bangun kepercayaan diri sendiri, dan jangan biarkan kritik atau penolakan menghentikan Anda.

-Tidak menyalahkan diri ketika hal buruk terjadi

Manusia tidak luput dari kesalahan. Jadi janganlah membuat diri Anda merasa bersalah tatkala membuat keputusan yang salah.

-Tidak melulu diam

Dari pertemuan bisnis hingga pertemuan sosial, penelitian menunjukkan bahwa perempuan tidak mendapatkan kesempatan berbicara sebanyak pria. Bicaralah agar Anda bisa didengar.

-Tidak ragu untuk menciptakan diri sendiri lagi

Anda tidak perlu untuk menjalani rutinitas atau menjadi diri Anda yang seperti ini terus. Anda bisa membuat perubahan karier pada usia 40 tahun, atau memutuskan untuk merangkul spiritualitas Anda pada usia 60 tahun. Menciptakan kembali diri Anda adalah kunci untuk pertumbuhan pribadi.

-Tidak takut sukses

Ketika mendapatkan pujian, para perempuan cenderung memberikan kredit pada orang lain. Tidak perlu selalu seperti itu, biasakan untuk mengucapkan “terima kasih” dan akui pencapaian dari hasil kerja keras Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif