Waspadai Penyakit Crohn yang Menyerang Pencernaan (Foto: gettyimages)
Waspadai Penyakit Crohn yang Menyerang Pencernaan (Foto: gettyimages)

Waspadai Penyakit Crohn yang Menyerang Pencernaan

Rona kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 09 Februari 2019 06:00
Jakarta: Ada banyak penyebab sakit perut yang menyerang orang-orang hampir setiap hari dan salah satunya adalah penyakit crohn. Ini adalah penyakit usus kronis yang menyebabkan peradangan dan iritasi pada saluran pencernaan.
 
Dokter pada umumnya tidak mengetahui pasti penyebab penyakit crohn. Tapi, dalam beberapa kasus, crohn melibatkan aktivitas sistem kekebalan yang tidak normal. Pada dasarnya, sistem kekebalan melepaskan sel yang menghasilkan peradangan bahkan ketika tidak ada ancaman dan peradangan ini menimbulkan masalah.
 
Meskipun penyakit ini dapat dialami pada usia berapapun, crohn lebih sering muncul di usia 20 tahunan dan umumnya lebih sering diderita oleh wanita daripada pria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Crohn biasanya menyebabkan masalah pada usus kecil dan besar tetapi juga dapat memengaruhi bagian saluran pencernaan yakni dari mulut hingga ke anus.
 
Dokter tidak mengetahui pasti penyebab penyakit crohn. Namun, mereka memperkirakan penyakit ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor seperti:
 
1. Gen
 
Untuk beberapa pasien crohn, faktor keturunan tampaknya berperan penting dalam risiko tersebut. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang memiliki keluarga intin dengan crohn, memiliki kemungkinan 30 kali lebih besar terkena penyakit yang sama.
 
2. Gangguan autoimun
 
Para ahli berpikir bahwa sebagian besar penderita crohn memiliki sistem kekebalan tubuh yang secara keliru mengidentifikasi bakteri usus yang tidak berbahaya sebagai musuh. Akibatnya, sistem kekebalan menjaga tingkat peradangan usus tinggi yang menyebabkan gejala dan kerusakan yang terkait penyakit ini.
 
Merokok, kurang mengonsumsi serat, obat-obatan tertentu, juga dapat berisiko meningkatkan penyakit crohn. Adapun gejala penyakit crohn yang paling umum seperti sakit perut atau tidak nyaman di bagian perut, diare hingga penurunan berat badan mendadak.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif