Olahraga untuk Penderita Diabetes (Foto: istock)
Olahraga untuk Penderita Diabetes (Foto: istock)

Olahraga untuk Penderita Diabetes

Rona diabetes
Raka Lestari • 27 April 2019 14:45
Jakarta: Setiap orang perlu melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Tidak terkecuali bagi mereka yang merupakan penderita diabetes. 
 
Meskipun memang para penderita diabetes perlu melakukan olahraga khusus yang harus disesuaikan dengan kondisi mereka agar penyakit diabetes yang dialaminya tidak semakin parah. Hal ini karena jika Anda memilih jenis olahraga yang tidak cocok bagi para penderita diabetes, yang terjadi justru bisa berpengaruh pada gula darah pada tubuh.
 
"Olahraga untuk diabetes, harus yang bersifat aerobik. Jadi bukan jenis olahraga seperti angkat besi, bukan yang bersifat membangun otot. Tidak seperti itu," ujar dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc, dokter spesialis penyakit dalam, di acara peluncuran web series dari Tropicana Slim, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyarankan agar para penderita diabetes harus melakukan olahraga yang bersifat ritmik atau yang bersifat endurance. Jenis olahraga seperti jogging, sepeda, atau berenang merupakan jenis olahraga yang cocok bagi para penderita diabetes.
 
"Tetapi kalau orangnya sudah tua dan lututnya tidak kuat sebaiknya jangan dipaksa. Melakukan olahraga lari itu jangan sebaiknya," ujar dr. Bhanu.
 
Untuk menyiasati para penderita diabetes yang sudah tua bisa melakukan olahraga sepeda statis atau berjalan di kolam renang.
 
"Lebih baik melakukan sepeda statis atau di kolam renang meskipun tidak berenang tidak apa-apa yang penting dia jalan di kolam renang bolak-balik."
 
Alasan mengapa olahraga yang bersifat aerobik lebih bagus menurut dr. Bhanu adalah karena olahraga yang bersifat aerobik dapat membakar gula dalam darah.
 
"Kalau anaerobik, biasanya lebih mengandalkan bahan bakar selain gula. Angkat besi misalnya, itu membutuhkan energi yang mendadak sehingga yang dipecah itu bukan gula. Sedangkan untuk olahraga ritmik protein yang akhirnya dipecah menjadi gula dan gula tersebut dipakai dengan cara yang lebih sehat dan tujuan untuk mencapai berat badan ideal bisa tercapai."
 
Durasi olahraga juga perlu diperhatikan bagi para penderita diabetes yang ingin berolahraga. Menurut dr.Bhanu, waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga adalah 20-30 menit dan dilakukan maksimal enam kali.
 
"Meskipun olahraga tetap harus ada waktu libur karena disaat libur itu badan akan membangun otot kembali sehingga otot menjadi lebih sehat."
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif