Sifat mandiri memberi Anda lebih banyak kredibilitas di tempat kerja. (Foto: Pexels.com)
Sifat mandiri memberi Anda lebih banyak kredibilitas di tempat kerja. (Foto: Pexels.com)

Tips Menjadi Karyawan yang Berprestasi

Rona tips & trik
Dhaifurrakhman Abas • 17 Juni 2019 10:00
Ketimbang mencari perhatian atasan, ada baiknya Anda juga coba mengembangkan pendekatan berorientasi solusi. Beberapa yang bisa Anda lakukan yaitu bertukar pikiran tentang masalah yang ada, kemudian proaktif, mempermudah kerja atasan, dan mandiri yaitu idak bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan. 
 

Jakarta: Semua pekerja pasti ingin dikenal oleh para atasan. Apalagi sampai masuk dalam buku catatan atasan sebagai pegawai dengan kinerja terbaik di kantor.
 
Alhasil semua pegawai mencoba memberikan usaha terbaik di tempat kerja untuk mengesankan para atasan. Beberapa orang mungkin pernah memuji atasan secara basa-basi agar menjalin kedekatan dengan mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu sah-sah saja. Tapi inilah kebenarannya. Menjadi pekerja keras bukan satu-satunya faktor yang akan membantu Anda mengalahkan prestasi orang lain di kantor Anda.
 
Ketimbang mencari perhatian atasan, ada baiknya Anda juga coba mengembangkan pendekatan berorientasi solusi. Sebab ide-ide yang solutif tersebut dibutuhkan atasan untuk memecahkan masalah dan urusan kerja.
 
Tips Menjadi Karyawan yang Berprestasi
(Ketimbang mencari perhatian atasan, ada baiknya Anda juga coba mengembangkan pendekatan berorientasi solusi. Beberapa yang bisa Anda lakukan yaitu bertukar pikiran tentang masalah yang ada, kemudian proaktif, mempermudah kerja atasan, dan mandiri. Foto: Pexels.com)

1. Tip cerdas

Sebelum Anda mendekati atasan dengan pertanyaan, luangkan waktu sejenak untuk bertukar pikiran tentang masalah yang ada. Kemudian sertakan solusi konkret yang Anda miliki.
 
Saran Anda mungkin saja tidak inovatif atau atasan Anda punya solusi yang lebih baik ketimbang ide Anda. Tetapi jangan khawatir. Memberikan solusi menunjukkan bahwa Anda setidaknya mencoba menyelesaikan masalah dan bersedia untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab.

2. Proaktif

Ketika Anda tidak membahas suatu masalah serta menghasilkan solusi, itu menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang kompeten dan proaktif. Sebab, Anda merupakan orang yang tidak keberatan keluar dari zona nyaman Anda dan melakukan sesuatu yang mungkin bukan area tanggung jawab utama.

3. Membuat pekerjaan manajer lebih mudah

Menawarkan solusi juga membuat sejumlah beban dari bahu atasa Anda terlepas. Solusi juga membuat Anda memproyeksikan diri sebagai aset bagi tim.
 
Solusi juga membuat Anda dianggap sebagai seseorang yang dapat diandalkan oleh bos ketika krisis melanda perusahaan. Hal ini memberi Anda keunggulan atas orang lain
 
Selain itu, selalu memberikan solusi terhadap masalah membyat Anda menjadi pemikir maju. Anda membuat kesan sebagai orang yang sedikit bicara, banyak aksinya.

4. Mandiri

Anda juga tergambar sebagai orang yang mandiri. Tidak bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebaliknya, Anda terjun langsung ke masalah dan melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi. Sifat ini memberi Anda lebih banyak kredibilitas di tempat kerja. Pada gilirannya, memberi Anda keunggulan atas orang lain.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif