Riset menunjukkan suhu mungkin memengaruhi lebih dari sekadar kenyamanan saat tes pada pria dan wanita. (Foto: Pexels.com)
Riset menunjukkan suhu mungkin memengaruhi lebih dari sekadar kenyamanan saat tes pada pria dan wanita. (Foto: Pexels.com)

Riset: Suhu Ruangan Pengaruhi Hasil Tes

Rona Riset dan Penelitian
Anda Nurlaila • 24 Mei 2019 18:00
Riset menunjukkan suhu mungkin memengaruhi lebih dari sekadar kenyamanan. Chang dan Kajackaite dari Fakultas Bisnis Universitas Marshall di California Selatan dan dari WZB, Pusat Ilmu Sosial Berlin di Jerman mengatakan variasi suhu kamar dapat memengaruhi kinerja kognitif secara signifikan dan berbeda untuk pria dan wanita.
 

 
Jakarta: Selain persiapan sebelum menjalani ujian, suhu ruangan tempat tes juga memengaruhi hasil tes. Studi terbaru menemukan bahwa temperatur udara dalam ruang ujian memberi perbedaan perolehan nilai pada pria dan wanita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak survei menemukan bahwa wanita cenderung lebih menyukai suhu ruangan yang lebih tinggi. Namun studi ini meneliti bagaimana suhu memengaruhi perbedaan kinerja mental, menurut penulis studi Tom Chang, dari Fakultas Bisnis Universitas Marshall di California Selatan, dan Agne Kajackaite, dari WZB, Pusat Ilmu Sosial Berlin di Jerman.
 
Hasilnya menemukan, wanita mendapat skor lebih tinggi ketika suhu lebih hangat. Pria melakukan lebih baik ketika ruangan lebih dingin.
 
Riset: Suhu Ruangan Pengaruhi Hasil Tes
(Riset menunjukkan suhu mungkin memengaruhi lebih dari sekadar kenyamanan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
Penelitian dilakukan pada 542 mahasiswa Jerman yang dibagi dalam 24 kelompok. Peserta menjalani tes logika, matematika, dan verbal di ruangan dengan suhu yang diatur, sekitar 16 hingga 32 derajat Celsius. Peserta mendapat hadiah uang tunai berdasarkan skor mereka.
 
Wanita yang merupakan 41 persen dari peserta mendapat nilai lebih tinggi pada tes matematika dan verbal saat ruangan lebih hangat.
 
Sementara pria umumnya lebih baik pada suhu lebih dingin. Peningkatan kinerja wanita pada suhu yang lebih hangat lebih besar daripada penurunan kinerja pria pada suhu ini.
 
Adapun suhu ruang tidak memengaruhi kinerja pada tes logika, menurut penelitian yang diterbitkan 22 Mei di jurnal PLOS ONE.
 
Riset menunjukkan suhu mungkin memengaruhi lebih dari sekadar kenyamanan. Chang dan Kajackaite mengatakan, "Variasi suhu kamar dapat memengaruhi kinerja kognitif secara signifikan dan berbeda untuk pria dan wanita."
 
Peneliti menunjukkan bahwa tes dilakukan pada kelompok siswa Jerman yang relatif sama. Sehingga temuan ini mungkin berbeda untuk kelompok lain.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif