Perempuan terbilang rutin memeriksa dan melakukan perawatan yang intens terhadap kulit di wajah mereka. (Ilustrasi?pexels)
Perempuan terbilang rutin memeriksa dan melakukan perawatan yang intens terhadap kulit di wajah mereka. (Ilustrasi?pexels)

Perbedaan Penuaan Dini pada Pria dan Wanita

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Januari 2020 13:07
Jakarta: Penuaan dini merupakan kondisi kulit wajah yang terlihat lebih cepat tua dibandingkan umur sebenarnya. Salah satu tandanya, bisa terlihat dari wajah yang mulai berkerut.
 
Jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, maka kerutan tersebut akan semakin parah dan kondisi wajah bisa memburuk. Penuaan dini pada pria dan wanita pun berbeda.
 
"Sebetulnya dari segi kulit, kulit pria cenderung lebih kering dan kasar. Gejala penuaannya hampir sama, akan mengalami penurunan produksi kolagen," ujar dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibatnya, kulit menjadi muncul keriput halus, flek, atau noda hitam pada wajah. Akan tetapi, penuaan pada pria bisa lebih cepat munculnya. 
 
Sebab, pria biasanya kurang memerhatikan kondisi kulitnya. Sedangkan, para perempuan terbilang rutin memeriksa dan melakukan perawatan yang intens terhadap kulit di wajah mereka.
 
Penyebab lainnya, pria cenderung lebih banyak menghadapi stres. Meskipun, wanita terlihat lebih sering mengeluh bahkan marah sebagai pelampiasan emosi kekesalannya terhadap suatu hal.
 
"Setelah itu, pria juga karena mungkin bekerja dan lebih aktif sehingga dia lebih banyak terpapar radikal bebas, apalagi kalau kerjanya outdoor," pungkasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif