Benarkah wabah virus korona bisa terbawa dari angin? Berikut penjelasan dari BMKG. (Foto: Pexels.com)
Benarkah wabah virus korona bisa terbawa dari angin? Berikut penjelasan dari BMKG. (Foto: Pexels.com)

Wabah Penyakit Terbawa Arus Angin?

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 10 April 2020 12:55
Jakarta: Masyarakat masih dikelilingi informasi seputar penyebaran covid-19 (new coronavirus). Sementara baru-baru ini tersebar kabar bahwa wabah penyakit akan terbawa oleh arus angin dari utara ke selatan dan mampir ke Indonesia.
 
Pesan tersebut disebarkan dari grup WhatsApp satu ke grup lainnya. Beragam kalimat dirangkai dengan membawa nama BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Berikut isi pesan yang beredar luas sejak beberapa hari lalu.

Kenapa kita dianjurkan untuk makai masker di tgl 10-12 maret 
“URGENT"
Sebagai informasi dari Bapak Dir-1...
Bahwa tiga hari ke depan diusahakan seluruh anggota keluarga masing-masing di rumah... untuk tidak keluar rumah, walau hanya untuk berjemur, kalau tidak sangat terpaksa..
Karena dalam tiga hari ke depan arus angin dari Utara ke arah Selatan yang membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australia..
Tolong diinformasikan kepada teman-teman yang tidak ada di grup ini...
Terima kasih...

Wabah Penyakit Terbawa Arus Angin?
(Tak benar angin membawa wabah lewat angin Timur ke Selatan atau sebaliknya. Saring informasi terlebih dahulu sebelum menyebarkannya. Foto: Tom Fisk/Pexels.com)
 
Namun faktanya, informasi akan adanya angin Utara ke Selatan yang membawa wabah penyakit merupakan informasi bohong atau hoaks.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG, dan isi informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
 
"BMKG menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau, sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia)," ujar Plt Deputi Bidang Meteorologi Drs. Herizal, M.Si.
 
Bahkan, kata Herizal, di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari Timur - Selatan (dari Benua Australia). Ia pun mengimbau agar masyarakat bisa menyaring informasi terlebih dahulu sebelum memercayainya.
 
Hal yang paling penting ialah memeroleh informasi dari sumber yang terpercaya atau kredibel. 
 
Misalnya terkait wabah penyakit yang terbawa arus angin, masyarakat dapat membaca portal berita online resmi terlebih dahulu atau membuka layanan informasi milik BMKG.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif