Ini Alasan Bau Setelah Turun Hujan
Biasanya dengan mencium bau hujan yang bercampur dengan tanah bisa membuat seseorang merasa nyaman. (Foto: Thomas Young/Unsplash.com)
Jakarta: Banyak orang yang menyukai bau saat hujan bercampur dengan tanah. Orang-orang yang menyukai bau hujan disebut pluviophile. Biasanya dengan mencium bau hujan yang bercampur dengan tanah bisa membuat seseorang merasa nyaman. 

Aroma yang membuat rasa nyaman dan menenangkan ini disebut sebagai petrichor, yang disebabkan oleh pelepasan bahan kimia tertentu ketika hujan mencapai tanah.

Dikutip dari BBC, bakteri yang hidup di tanah disebut Streptomyces mengeluarkan molekul yang disebut geosmin. Ketika hujan menyentuh tanah, tetesan-tetesan air hujan akan menjebak gelembung-gelembung udara yang mengandung geosmin.


Gelebung-gelembung udara tersebut akan bergerak melalui tetesan hujan dan akan pecah menjadi aerosol, partikel yang lebih kecil dan menyebar di udara. 

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Mengantuk Berlebih Saat Musim Hujan)


(Dikutip dari BBC, bakteri yang hidup di tanah disebut Streptomyces mengeluarkan molekul yang disebut geosmin. Ketika hujan menyentuh tanah, tetesan-tetesan air hujan akan menjebak gelembung-gelembung udara yang mengandung geosmin. Foto: Steve Roe/Unsplash.com)

Saat geosmin terlepas dari tanah dan mulai menyebar di udara, manusia dapat menciumnya dengan nyata karena hidung manusia sangat sensitif terhadap hal itu. 

Menurut Smithsonian Magazine, beberapa orang dapat menciumnya bahkan ketika konsentrasinya sangat rendah. Faktor lain yang berkontribusi terhadap petrichor adalah kombinasi dari minyak alami yang terdapat pada tumbuhan. 

Peneliti asal Australia Isabel Joy Bear dan R. G. Thomas, yang menciptakan istilah petrichor pada tahun 1964, menemukan bahwa beberapa tanaman menyimpan minyak selama musim kemarau. Ketika akhirnya turun hujan, minyak yang telah terakumulasi dilepaskan ke udara dengan cara yang sama seperti geosmin. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id