Cara Mudah untuk Melindungi Kesehatan Mental
Ada beberapa cara mudah untuk melindungi kesehatan mental Anda. (Foto: Matthew Hamilton/Unsplash.com)
Jakarta: Masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari tentunya bisa membuat diri Anda stres. Terutama jika Anda merasakan beban secara terus menerus pada tingkat stres bisa menghadapi masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. 

Tetapi ada beberapa cara mudah untuk melindungi kesehatan mental Anda. Dilansir dari Elitedaily.com, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan mental Anda.

1. Jadikan tidur dan makanan prioritas utama
"Pikiran dan tubuh membutuhkan tidur dan nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan mental dan fisik," ujar Heather Senior Monroe, MSW, LCW, direktur pengembangan program di Newport Academy, kepada Elitedaily.com. 


Tidur dan makan adalah sesuatu yang dasar bagi tubuh kita, sehingga terkadang kita melewatkannya. Untuk itu, Monroe mengatakan, "Penting bagi setiap orang untuk rutin tidur yang cukup dan makan makanan yang bergizi."

2. Pergi ke luar ruangan 
Menurut Monroe, berjalan-jalan keluar ruangan di siang hari adalah kebutuhan mutlak. "Banyak dari kita yang sudah mengalami manfaat bahwa berjalan di luar atau berenang di laut dapat mengubah suasana hati kita," katanya. 

"Penelitian telah berulang kali membuktikan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan mengurangi tingkat stres, depresi, dan kecemasan. Faktanya, berada di luar alam sebenarnya menurunkan tingkat kortisol kimia yang terkait dengan stres."


(Tinggalkan semua yang buruk dan bisa membuat Anda stres saat Anda pulang dari kantor. Foto: Caique Silva/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Mitos Salah Mengenai Kesehatan Mental)

3. Tunggu beberapa saat
Media sosial memiliki banyak hal positif tetapi menurut David Bennett, seorang konselor dan ahli hubungan mengatakan media sosial memungkinkan kita untuk terlibat dalam diskusi yang sering menciptakan kecemasan. 

Sebaliknya, hitung sampai 20 detik sebelum memosting apa pun, katanya. "Ini akan memberikan otak waktu untuk mendinginkan dan membuat Anda bersikap lebih rasional." 

4. Menahan emosi
Membicarakan kekesalan Anda mungkin akan menyebabkan kesulitan, tetapi menurut Ashleigh Edelstein, LMFTA, seorang terapis yang berbasis di Texas itu lebih baik daripada Anda menahan-nahan emosi Anda. "Jika Anda mengalami hari yang buruk, tidak apa-apa untuk memberitahu seseorang." 

5. Menjauh dari percakapan yang menyebabkan Anda kesal
"Lindungi diri Anda dari orang-orang yang memberikan dampak buruk bagi Anda dengan memilih untuk tidak melakukan percakapan yang tidak membuat nyaman atau gosip," ujar Edelstein. Dan meninggalkan semua tersebut saat Anda pulang dari kantor. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id