Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi cuka sari apel terlalu banyak juga tidak baik untuk Anda. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi cuka sari apel terlalu banyak juga tidak baik untuk Anda. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Kesalahan-kesalahan dalam Menggunakan Cuka Sari Apel

Rona kesehatan
Raka Lestari • 26 Desember 2018 09:00
Jakarta: Sari cuka apel atau Apple Cider Vinegar (ACV) memiliki sejumlah manfaat yang sangat banyak bagi tubuh Anda. Tetapi jika Anda mengonsumsinya dengan kurang tepat, maka manfaat dari sari cuka apel ini pun akan menjadi kurang efektif bagi tubuh Anda. 
 
Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan ketika mengonsumsi sari cuka apel: 
 
1. Meminumnya tanpa ditambahkan apapun
"Karena sifat asam dari ACV,  maka itu sangat mengganggu dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan perut," ujar Matt Weik, BS, CSCS, pemilik Weik Fitness, LLC. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lakukan kebiasaan yang lebih sehat dan selalu encerkan ACV Anda dalam cairan." Air mungkin adalah cara untuk mencairkan sari cuka apel. Tidak hanya akan melindungi tenggorokan dan lambung Anda dari asam, tetapi juga dapat membuatnya jauh lebih enak.
 
(Baca juga: Makanan Harian Ini Dapat Mengubah Mood Anda)
 
2. Mengonsumsinya terlalu banyak
Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi cuka sari apel terlalu banyak juga tidak baik untuk Anda, terutama jika Anda baru pertama kali mengonsumsinya. 
 
Menurut Elizabeth Abel, MS, ahli gizi berlisensi, "sangat penting untuk mengonsumsinya secara bertahap." Ini akan membantu Anda mengukur bagaimana reaksi tubuh Anda terhadapnya. 
 
"Jika itu menyebabkan Anda sakit perut atau perasaan terbakar, kurangi jumlahnya sampai tidak ada rasa aneh atau tidak nyaman," kata Abel. 
 
3. Mengonsumsinya sebelum tidur
"Mengonsumsi ACV segera sebelum tidur tidak disarankan karena berpotensi untuk naik kembali ke kerongkongan," kata Laura C. Stix, ND, seorang dokter naturopati dan hipnoterapis klinis. 
 
Bahkan jika ACV diencerkan, masih bisa membahayakan esofagus Anda jika asam bersentuhan dengan kerongkongan saat Anda berbaring. 
 
"Seseorang harus tetap tegak selama 30 menit setelah mengonsumsinya untuk memastikan tidak ada refluks dan iritasi pada kerongkongan," tambah Stix. Dia merekomendasikan minum ACV setidaknya setengah jam sebelum Anda tidur. 
 
4. Mengaplikasikannya secara langsung ke kulit
"Entah Anda menggunakan ACV sebagai toner, untuk menghilangkan noda, atau untuk mengobati infeksi, penting sekali untuk mencampurkannya dengan air dan meminimalkan kontak dengan kulit Anda," kata Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple Holistics. 
 
"Paparan berkepanjangan cuka yang sangat asam ini dapat membunuh sel-sel kulit, mengikis kulit Anda, dan bahkan menyebabkan luka bakar kimia semi permanen."
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif