Penyebab Anak Suka Pilih-pilih Makanan
(Foto: Health)
Jakarta: Picky eater atau pilih-pilih makanan adalah salah satu fase wajar pada anak-anak, terutama pada usia di bawah tiga tahun.

"Normalnya, anak menjadi picky eater di usia prasekolah atau di bawah 3 tahun, usia dimana mereka memiliki kendali memilih makanan," ujar konsultan tumbuh kembang anak Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) dalam peluncuran Susu Curcuma Plus, di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa si kecil menjadi sulit makanan. Pertama, makanan yang tak bervariasi saat usia dini membuat anak menjadi bosan.


Oleh karena itu, variasi makanan sangat penting. Beragam jenis dari tiap kelompok gizi utama (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikronutrisi sebaiknya diperkenalkan pada anak sejak usia dini.

"Paparkan makanan baru pada anak berulang kali, harus bervariasi," ujarnya, yang mengungkapkan bahwa setidaknya perlu 20 hingga 30 kali usaha bagi anak untuk bisa menerima makanan baru bagi mereka.

Selain itu, kepribadian anak pun berpengaruh. "Ada anak yang memang tak mau mencoba, jadi lebih pemilih."

Ketiga, lingkungan sekitar anak, termasuk bagaimana orang tua bersikap. Misalnya, orang tua yang juga ternyata pemilih makanan secara tak langsung membuat anak mengikuti kebiasaan tersebut. Jadi, ia menyarankan agar orang tua instropeksi diri, apakah sudah memberikan contoh makan yang benar.

Terakhir, durasi makan. Prof Rini menganjurkan agar durasi makan tidak terlalu lama karena hal itu dapat memberi tekanan tersendiri pada anak, sehingga ia tak mau makan. Suasana makan yang menyenangkan juga memegang poin penting.

"Paling lama 30 menit. Setelah itu, sudahi pemberian makan," ia menyarankan.



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id